SketchupTutorial

Tutorial SketchUp | Cara Memasukan Model Sketchup Ke Layout

Darmedaitama.comTutorial Sketchup | Cara Memasukan Model Sketchup Ke Layout. Kali ini saya akan mengulas lagi bagaimana cara menggunakan layout di sketchup. Atau lebih khususnya cara memasukkan gambar dari sketchup ke layout. Untuk mendapatkan tampilan dari SketchUp ke Layout, semua yang Kamu lakukan adalah memasukkan file SketchUp.

Seperti ulasan saya pada artikel sebelumnya ada dua langkah yang bisa digunakan yaitu dengan cara copy dari sketchup lalu langsung dipaste ke Layout atau membuka Sketchup dulu lalu membuat tampilan-tampilan (scene). Jika sudah siap tinggal memanfaatkan perintah Send To Lay Out.

Baca Juga:

Dari dalam Layout, Kamu dapat memilih tampilan yang Kamu sukai. Kamu juga bisa menggunakan sebanyak mungkin tampilan dari model seperti yang Kamu inginkan.

Satu hal yang menarik ketika file SketchUp Kamu diubah, Layout tahu tentang hal itu dan (menggunakan panel Referensi dalam kotak dialog Document Setup) memungkinkan Kamu memperbarui semua tampilan Kamu sekaligus, hanya dengan mengklik satu tombol.

Cara Memasukan Model Sketchup Ke Layout

Ikuti tahapan demi tahapan untuk memasukkan viewport SketchUp (model tampilan) ke dalam Layout:

Cara Memasukan Model Sketchup Ke Layout 1 1

Tahap 1: Buka Model Kamu di SketchUp, buat scene untuk setiap tampilan model yang ingin Kamu tampilkan di dokumen Layout. Jika sudah buka menu file lalu save selanjutnya klik Send to Lay Out.

Cara Memasukan Model Sketchup Ke Layout 2

Tahap 2: Selanjutnya otomatis layout akan terbuka. Pilih ukuran kertas dan template yang ingin Kamu gunakan.

Tahap 3: Jika ingin menambah halaman, di Lay Out klik duplicate pages. Lalu klik model sketchup dan klik kanan. Pilih Scene yang ingin Kamu tampilkan. DI sini Kamu juga bisa mengatur besaran skala.

Cara Memasukan Model Sketchup Ke Layout 3

Tahap 4: Gunakan panel Pages untuk berpindah di antara halaman yang sudah ada.

Cara Memasukan Model Sketchup Ke Layout 4

Tahap 5: Jika Kamu ingin memasukan gambar di file yang berbeda caranya pilih File, Insert untuk membuka kotak dialog Insert. Cari file SketchUp di komputer Kamu yang ingin Kamu masukkan dan klik tombol Open.

Tahap 6: Gunakan Select Tool untuk memindah, memutar, atau mengubah ukuran model tampilan Kamu.

Selamat mencoba.

68 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *