SketchupTutorial

Cara Mengatur Unit dan Location Sketchup

Darmedaitama.comTutorial Sketchup Cara Mengatur Unit dan Location. Selanjutnya kita akan belajar bagaimana mengatur konfigurasi unit dan location. Konfigurasi inilah yang selalu akan kita gunakan setiap kali mengoperasikan Sketchup. Pengaturan ini berbeda dengan pembahasan sebelumnya. Jadi kita tidak hanya menggunakan template yang tersedia namun membuat settingan sendiri.

Konfigurasi Unit

Gunakan panel Unit kotak dialog Pengaturan Dokumen untuk mengkonfigurasi satuan yang digunakan untuk panjang di Sketchup. Unit Format berlaku untuk Pengukuran serta pengaturan ukuran kertas.

  • Untuk mengatur unit silahkan kembali ke antar muka Sketchup. Pilih menu window lalu klik model info.
  • Selanjutnya pilih Units (letaknya paling bawah, seperti gambar di atas).
  • Pada isian format Anda bisa memilih Architectural, decimal, engineering atau fractional. Silahkan pilih salah satu sesuai dengan keperluan Anda dan jika ingin menghasilkan gambar dengan ukuran lebih presisi pada isian Precision bisa Anda rubah ( misalnya menjadi dua angka di belakang koma 0,00m).

Mengatur Location

Cara termudah untuk menetapkan informasi lokasi model SketchUp adalah menggunakan kotak dialog Tambah Lokasi dan kemudian membuat model Anda pada lokasi tersebut. Caranya ikuti langkah berikut ini:

Gambar1
  • Klik tombol Add Location. Tambah Lokasi kotak dialog akan muncul. Kotak dialog ini memungkinkan kamu untuk menavigasi tampilan dua-dimensi dunia dan menemukan lokasi untuk model Sobat.
  • Cari lokasi di mana Anda ingin model 3D yang Anda muncul. Ada dua cara untuk menemukan lokasi: Manual arahkan ke lokasi. Mengacu pada Tambah Lokasi Dialog Box untuk informasi lebih lanjut. Ketik alamat di kolom pencarian dan klik tombol Search.
  • Klik pada Add Lokasi tombol di kotak dialog Add Location. Sebuah gambar 2D dari tampilan saat ini ditempatkan di SketchUp. Gambar ini terkunci sehingga Anda tidak bisa keliru menghapusnya.
  • Buat struktur di atas lokasi. Struktur akan dikaitkan dengan informasi geografis tampilan yang aktif.
  • Klik pada Model Preview di tombol Google Earth untuk melihat model SketchUp di Google Earth. Google Earth diluncurkan. SketchUp menciptakan sebuah file sementara model dan menempatkan model di Google Earth di lokasi yang tepat.
  • Klik tombol Share Model di toolbar Google. Gudang 3D muncul.
  • Masuk ke Gudang Gambar 3D. Kamu akan memerlukan account Google jika tidak memiliki satu. Ikuti langkah-langkah untuk mengirim model Kamu di Gudang Gambar 3D.

Selamat mencoba.

69 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *