Mau Tau

Coba, Apakah TikTok Dapat Memberikan Manfaat Bagi Penggunanya?

Darmediatama, Apa manfaat TikTok bagi penggunanya – Perkembangan yang sangat pesat di era globalisasi ini, berimbas pada perkembangan teknologi yang semakin maju dan memiliki manfaat dari bebagai aspek. Salah satunya yaitu bidang IT yang membuat kegiatan sehari-hari menjadi cepat dan mudah. Dengan adanya teknologi yang pesat ini pula merambah ke teknologi yang memaki internet salah satu contohnya yaitu Medsos.

Perkembangan Medsos ini termasuk budaya populer dimana banyak masyarakat yang melakukannya dan budaya ini hidup dan terus berkembang mengikuti arus kemajuan di lingkungan masyarakat. Proses komunikasi melalui Medsos tidak hanya melalui tatap muka namun bisa lebih dari itu. Dan secara sadar dan tidak sadar seiiring dengan berkembangnya informasi yang meresap lebih mudah mengirim budaya – budaya dari seluruh penjuru dunia dalam mewujudkan budaya, nilai, norma, gaya hidup hingga suatu produk. Karena keuntungan dan kemudahan dalam penggunaannya.

Medsos melihat karakteristik dari masing-masing pengguna melalui target – target pasarnya dan melakukan kesadaran palsu yang dapat membius masyarakat melalui pernyataan yang tersebar yang bertujuan untuk merebut hati masyarakat dan menggunakannya secara terus menerus.

Medsos yang terdiri dari twitter, facebook, instagram, game online dsb menjadi tempat bagi masyarakat untung membuat komunitas melalui Medsos tersebut. Salah satu aplikasi yang lagi melejit namanya dan sangat populer dikalangan anak remaja yaitu aplikasi TikTok.

Mobile Insights Analyst mengungkapkan bahwa negara – negara dengan pemasangan aplikasi TikTok hingga juli 2020 yaitu pengguna asal Amerika Serikat dengan 9,7 % dan negara Indonesia dengan 8,5 %. Dengan Indonesia sebagai pengunduh terbanyak kedua di dunia membuat bertanya – tanya Tikotok itu seperti apa?

TikTok memungkin penggunanya membuat video dengan durasi 15 detik hingga 1 menit dengan memiliki beberapa fitur music, filter, efek hingga challenge yang menarik untuk diikuti. Seperti membuat video pendek dengan berjoget dengan diiringi musik dangdut, pop, jazz hingga cover lagu dari seseorang. Aplikasi ini juga digunakan oleh berbagai macam orang dari berbagai umur tidak menutup kemungkinan orang tua pun bisa menggunakan TikTok namun di balik itu semua dari penggunaan aplikasi ini ada beberapa konten negative yang dapat membahayakan penggunanya yang berusia dibawah umur. Memang dalam penggunaan dibawah umur perlu diawasi dan dibimbing oleh orang tua. Tetapi selain aplikasi ini memberikan banyak manfaat bagi penggunanya dalam segala aspek.

apa manfaat tiktok bagi penggunanya, apa keuntungan bermain tiktok, bahaya bermain tik tok, manfaat tik tok dalam pembelajaran, keuntungan dan kerugian tiktok cash, manfaat tik tok bagi pelajar, pemanfaatan tiktok, dampak negatif tik tok brainly, manfaat tiktok ads

Manfaat yang diberikan aplikasi TikTok

Apa Manfaat TikTok Bagi Penggunanya? Personal Branding

Banyak dari anak muda yang menggunakan TikTok menjadi wadah bagi mereka untuk mempromosikan berbagai brand melalui TikTok dengan ini banyak pula influencer maupun yang ingi menjadi influencer dengan membangun pesona dan citra dengan popularitas dan followers yang banyak sehingga dapat menjadi potensi jika ada sebuah tawaran endorse yang lebih banyak.

Bisnis

Di TikTok banyak sekali konten kreator yang saling memberikan rekomendasi barang, makanan, perlengkapan rumah tangga hingga tempat wisata menarik yang membuat penontonnya menjadi konsumtif. Hal ini membuat bertumbuhnya pebisnis baru.
Selain itu, TikTok juga bisa menjadi brand image dari setiap produk yang dipromosikan oleh konten – konten creator yang ada di TikTok dengan menggunakan hastag yang menjadi cara untuk mempromosikan brand tertentu dimana nanti para pengguna yang menonton konten tersebut lebih mudah mencari brand dan juga produknya dan di aplikasi ini penggunanya sangat aktif dalam memberikan komentar dan juga masukan dimana hal ini bisa menjadi evaluasi bagi suatu brand agar brand tersebut menjadi lebih baik dan lebih besar

Hiburan

Anjuran untuk stay at home saat pandemi sekarang ini membuat banyak masyarakat yang merasa bosan hingga stress akibat dari kurangnya interaksi dengan banyak orang. Aplikasi TikTok banyak digunakan sebagai media hiburan dengan melakukan challenge hingga mengikuti konten yang lucu dan seru di dalam keadaan seperti itulah yang menjadi cara positif untuk merasa terhubung dengan orang lain dan merasakan kebahagian melalui aura positif dari orang lain.

Mengasah Kemampuan

Mengasah kemampuan disini artinya melalui aplikasi TikTok membuat seseorang menjadi kreatif dengan menghasilkan karya melalui konten yang dibuatnya diberbagai bidang seperti kempuan berjoget, menari, melukis, memasak dan sebagainya. Selain itu, aplikasi ini juga menambah kemampuan dibidang photography dan videography karena dalam mengupload konten TikTok menyediakan macam – macam music dan efek sehingga kita bisa mengekspresikan sesuka hati yang dapat menciptakan konten video yang menarik.

Berdasarkan penjelasan yang telah disebutkan diatas dapat menjadi bukti bahwa budaya populer dapat mendapatkan manfaat bagi khalayak massa. Budaya popuer dapat menghasilkan uang, menjaga kesehatan mental hingga mendapatkan teman baru. Dengan adanya manfaat ini pula diharapkan masyarakat menggunakan TikTok keranah yang lebih positif bagi diri sendiri, masyarakat dan juga lingkungan sekitarnya.

Semoga bermanfaat 🙂

83 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *