AndroidReview

Handphone Macam Apa Nih? – UNBOXING LG WING

DARMEDIATAMA – UNBOXING LG WING | Halo guys, David di sini,dan di dalam kotak ini udah ada LG Wing. HP yang sebenarnya udah lama ada ya, tapi masih banyak direquest oleh penonton. Dan akhirnya request itu bisa terwujud berkat bantuan dari Shopys ID. Salah satu official store di Tokopedia yang memang sering banget minjemin HP-HP unik buat channel ini.

Kayak kemaren sempat ada Legion Phone, Poco, dan lain-lain. Padahal sebenarnya Shopys ID bukan toko yang jualan HP-HP unik kayak gini. Mereka jualannya barang resmi. Kayak Samsung, Xiaomi, OPPO, Vivo, Realme. Jadi kalau anda lagi nyari HP resmi, bisa mampir kesana, inknya saya taruh dibawah.

Kalau misalnya mau beli sesuatu di sana bisa pake kupon SHOPAPR juga. Biar bisa dapet cashback 3% hingga Rp200.000 sampai akhir April nanti. Atau kalau anda mau beli gadget di toko lain, selama belinya di Tokopedia, Bulan ini juga banyak diskon menarik. Kayak Super Gadget Day yang promonya hingga 85%. Ada bebas ongkir juga. Jadi apapun pilihannya, serba untung lah. Tinggal mix & match aja promo yang lagi jalan. Buat detailnya, bisa cek link di bawah.

Sekarang kita langsung buka aja kotaknya, ini langsung dibranding oleh Shopys, mereka ngirimnya kotak yang warna toko mereka banget. Ini warnanya biru. Cuma agak lucu ya, namanya Shopys, jualan di Tokopedia, warna kotaknya biru. Jadi ini mungkin toko yang lumayan universal. Di sini kita di kasih bubble wrap yang lumayan gede, mungkin packingnya nggak terlalu gimana karena udah kenal jadi ngirimnya langsung cepet aja. Tapi itu udah lumayan aman sih, di dalam kotak ada bubble wrap yang gede.

Box LG WING

Di sini adalah si kotak LG Wing-nya. Ada ketulis “WING” mungkin ini namanya kayak sayap gitu, karena dia bisa melebar kayak gitu, kalau kita angkat layarnya, nanti bakal kita lihat. Kalau misalnya anda belum lihat, mungkin agak nggak ngikutin dunia teknologi ya, soalnya ini inovasi yang lumayan bikin terkejut. Konsepnya lumayan mirip sama Galaxy Fold atau OPPO X yang layarnya bisa digulung itu. Di sini rasanya versi Korea punya, kalau misalnya kita lihat tulisan yang ada di belakang sini. Cuma nggak banyak tulisan-tulisan lain sih. Ada tulisan “kt 5G”, ini mungkin operatornya Korea kali ya? terus ada Powered by ThinQ ada varian 128GB dan di dalam sini ada hardcasenya.

Sekarang langsung kita buka aja, ini bekas bukaan punya ya, tentu aja. Mungkin yang punya Shopys juga seneng sama HP-HP yang unik juga, walaupun jualannya HP resmi, makanya dia langsung coba, terus langsung dipinjemin ke kita. Biar bisa sharing sama penonton. Soal HPnya dan trentu aja soal tokonya. Di sini ada casingnya. Tulisannya semuanya serba Korea gitu sih. Kalau dilihat dari stikernya, terus dari buku panduannya juga memang ini unit yang Korea banget.

Ini plastiknya udah lumayan acak-acakan kayak begini, entah sudah dibuka berapa kali sampai bagian ininya agak nempel juga. Harus agak pelan-pelan. Ini kayaknya casing bagian belakangnya doang ya? Dari plastik, Terus ini warna biru yang udah lumayan tua, ada 2 tekstur yang mulus dan ada tekstur yang ada titik-titik kayak gitu. Terus ini adalah HP-nya. Buat yang belum tahu LG Wing, mungkin HP ini bakal keliatan lumayan biasa ya. Dari depan, dari belakang, dari ukurannya, mungkin keliatan kayak HP yang agak gede ukuran layarnya. Terus dia ketebalannya juga lebih dari biasanya. Cuma kalau misalnya saya giniin, Set! ketawa

Ini masih seru banget sih buat nyobainnya, walaupun udah sering lihat di video YouTube, kalau bagian yang unik dari LG Wing itu adalah dia punya layar yang bisa diputar kayak begini ya. Puternya di satu sisi doang, kalau kita mau lanjutin kesini dia nggak bisa lagi, tapi kalau kita mau balikin kesini, dia bisa. Kita nanti bakal coba main-mainin lebih jauh soal sistem layar yang bisa diputar kayak gini, jadi ada layar yang bisa dilipat di Galaxy Fold, layar yang bisa digulung di OPPO X 2021, kalau di LG Wing, dia layarnya bisa diputar. Apa lagi ya? Barangya bisa dilipat, bisa diputar, bisa digulung, bisa diapain lagi? Bisa dipatahin, dilipat… ya diapain lah, mungkin nanti ditekuk-tekuk, sama… Ya nanti lah, pokoknya brand itu tugasnya memang bakal nyoba nemuin layar itu bisa diapain lagi. Mungkin bisa dikecilin, bisa gede sendiri, kalau itu luar biasa sih.

Aksesoris LG WING

Sekarang kita lihat aksesorisnya. Yang sebenarnya nggak terlalu penting karena barang ini kayaknya nggak bakal dibeli juga. Di sini ada chargernya, ada kabel data, dan ada In-Ear Monitor yang semuanya tentu aja versi Korea punya. Sekarang kita langsung lihat HPnya aja. Kalau buat yang nanya nanti casingnya gimana, dia cuma bisa nutup bagian belakangnya aja ya. Jadi kalau misal kita buka gini, dia nggak ketutupan casing sama sekali. Kalau misalnya ada yang bisa bikin casing plus bagian sininya, kayaknya mustahil sih, soalnya udah dibikin benar-benar rapat.

Cek Fisik HP LG WING

Kita coba lihat sekeliling HPnya dulu. Rapet juga ya ini casingnya. Oh… bagian belakangnya tadi hitam-hitam ternyata dia ada efek yang lumayan lengket kalau kita taruh di belakang biar nggak gampang lepas dari HPnya. Di sini ada tombol Power, terus ada tombol volume, ada antenna, kalau dilihat, ini HP yang tebel banget sih. Karena dia ada ekstra satu layar gini kan. Layarnya ini tipis banget sebenarnya. Mungkin sekitar 1/3 dari keseluruhan bodi HPnya aja. Cuma kalau 1/3 nya ini kita ambil, ini bakal jadi HP yang tipis. Kalau digabung, dia bakal jadi tebal. Di bagian atas, dia ada apa ini ya, ada mikrofon, terus ada antena, dan sini apa ya? Oh iya, ini bagian kameranya. Karena kamera depan dari LG Wing ini, dia sistemnya pop-up. Jadi mirip sama OPPO Find X yang awal-awal itu, atau Vivo apa yang bisa naik itu, jadi ada banyak banget bagian yang bergerak di sini.

Bagian mekaniknya banyak banget, mulai dari layarnya, dari kameranya, semuanya ada gerakannya. Di sini dia pake SIM Tray aja, di sebelah kiri cuma disisipin SIM Tray. Terus di bagian bawah ada speaker, ada Port USB Type C, ada mikrofon lagi, nggak ada headphone jack di sini.

Menyalakan HP – LG WINGnya

Sekarang kita langsung hidupin aja. Si LG Wing. Terus kita coba-cobain apa aja yang beda dari HP ini. Sayangnya LG memang udah bubar ya divisi mobile phone-nya. Jadi agak sayang aja gitu. Mungkin ini video soal LG yang paling seru, tapi yang paling terakhir juga. Semoga nggak kayak gitu sih. Semoiga LG bakal balik lagi, karena mereka kan merk yang lumayan gede di dunia, di Korea itu salah satu merk yang paling gede. Sampai mereka punya divisi asuransi dan lain-lain.

Kalau di Indonesia, kita taunya elektronik doang. Jadi kalau HPnya ilang, rasanya sayang aja gitu. -Korea semua… mana ya? coba bahasanya harusnya paling awal. Bal, lu ngerti Korea kan? Eh, ini harusnya paling awal. Oh ya, English. Di sini dia sistem fingerprintnya ada di dalam layar. Karena HP ini pake panel OLED dengan ukuran 6.8 inch yang resolusinya FullHD. Dia buat layar depannya pakai Gorilla Glass 5 ya. Kalau LG nggak apke OLED, agak aneh sih rasanya memang. Kalau belakangnya, dia juga pakai Gorilla Glass 5. Jadi ini adalah penampilan paling awal dari LG Wing. Banyak banget kelihatan notif-notif baru. Yang nandain kalau dia HP yang segar banget. Di sini kelihatan kayak HP yang biasa banget. Coba saya…ini… biar nggak flicker-flicker layarnya. Sep, layarnya udah nggak kedip-kedip lagi karena shutter speednya udah disesuaiin di kameranya.

Fitur LG WING

Sekarang kita coba lihat-lihat aja apa yang ditawarin oleh LG Wing ini. Sekarang kita coba keliling-keliling dulu di basic mode-nya. Ya ini mode yang kayak HP biasa gitu. Cuma satu layar doang, dan kelihatan dari jauh, memang kita kayak lagi pake HP biasa. Udah lama banget sih saya nggak pake HP LG. Soalnya memang sekitar 2-3 tahun terakhir, LG Indonesia sendiri nggak bikin atau ngeluarin HP lagi di Indonesia. Walaupun LG luar negeri masih keluarin ya. Makanya udah lumayan lama nggak pake LG. HPnya LG dulu terakhir kali LG V berapa gitu atau G7.
08:36 Ya kalau dilihat memang ini HP-HP yang lumayan biasa sih. Dari spesifikasinya juga sebenarnya nggak terlalu luar biasa banget. Dia pakenya chipset Snapdragon 765G, RAM-nya 8GB, baterai 4000mAh, layar FullHD, refresh rate-nya juga 60Hz. jadi nggak ada yang bisa dipamer-pamerin banget dari spesifikasi si LG Wing ini kecuali tentu aja bagian layarnya. Sekarang kita lihat kalau kita set

Wuidih, oh, ini karena baru pertama kali, dia kasih tau soal cara pakenya. Kalau misal kita baru buka, dia bakal ada drawer-drawer gitu, plikasi-aplikasi yang bisa kita pilih, dengan cara ngeswipe-ngeswipe aja Ini serasa lagi buka daftar film di Netflix atau di Windows gitu kalau nggak salah ada swipe-swipe kayak gini. Terus kita next, oke… Dan kita langsung bisa milih, di sini kita coba YouTube dulu aja. Terus dismiss, oh belum ada internetnya. Wih, di sini pas saya mau isi passwordnya udah langsung keliatan mantap gitu ya. Kita mau isi password di sini, layarnya gede, dan bagian keyboardnya ada di bagian bawah. Ini lumayan ngasih solusi ke anda-anda yang agak risih kalau keyboard makan layar kita sampai setengah, sampai 2/3, atau kemakan sedikit aja, rasanya lumayan risih, jadi bagian bawah ini ngasih solusi yang bagus sih.

Bagus banget nih solusinya. Hmm, ini pas kita buat ngetes YouTube, layar atasnya bisa kita pake buat nonton, sampai ada suaranya. Si David ini kita agak kecilin dulu suaranya, Bisa kita giniin juga lho. Jadi dia benar-benar kelihatan kayak satu HP yang terpisah keatas, terus kita punya satu ekstra HP lagi di bagian bawah.

Ini kenapa nggak buka ya? Hoi….!! Ini bug kah? Atau apa? Nah ini sekarang udah normal lagi, Kalau misalnya kita pingin pake layar keduanya sebagai HP kedua, itu bisa banget. Jadi kita bisa nonton sambil ngelihat-lihat aplikasi lain kayak setting contohnya, atau sambil chatting juga bisa. Sambil main game juga bisa, misalnya di atas sini tutorial, di bawah kita main game, atau diatas main game, di bawah tutorial YouTube, itu bisa banget! Tapi karena saya nggak install-install game di HP ini, jadinya saya nggak bisa tunjukin.

Kecanggihan LG WING

Yang bisa saya tunjukin di sini adalah salah satu kecanggihan lain dari LG Wing yaitu kalau misalnya kita nggak mau pake layar keduanya buat aplikasi lain, kita mau fokus sama videonya, sudah searusnya, kalau lagi nonton video GadgetIn kita bisa jadiin bagian bawahnya sebagai extension dari aplikasi YouTube-nya. Jaid di atas ada videonya lagi putar, di bawah sini kita bisa atur brightness, terus kita bisa atur volume, terus kalau ini apa ini? Oh ini dipercepat, terus kita bisa balik lagi, kita bisa setting, jadi kalau extended mode-nya kita mau ngapain, itu bisa kita atur juga. Ini berisik banget ni orang. Habis ini kita balikin kayak gini. Sekarang kita coba ambil foto dulu buat ngetes galerinya. Di sini dia pake kamera 48 MP ya. Ada 3 kamera, kamera utamanya 48 MP. Kamera keduanya itu 12 MP Ultra Wide, dan satu lagi juga Ultra Wide.

Keunikan LG WING

Uniknya jadi satu kamera utama dua kamera Ultra Wide. Beda resolusi doang, beda 1 MP. Yang 13 MP itu bakal berfungsi kalau kita aktifin Swivel Mode kayak gini. Terus dia bakal ngeswitch ke kamera Ultra Wide-nya. Dan kamera Ultra Wide-nya ini sebenarnya nggak kelihatan wide-wide banget ya. Kalau misalnya saya kasih lihat kayak gini, ya ini pandangan kamera yang biasa aja. Kayak kamera utama yang focal length-nya nggak wide sama sekali. Cuma karena dia ini aslinya wide, kita bisa ngegeser ke kanan karena sebenarnya dia ngeliatnya kan banyak, terus kita bisa geser ke kiri, bisa geser ke bawah, dan bisa geser ke atas. Jadi pemandangan yang lagi kita lihat di layarnya ini, sebenarnya dia hasil gambar yang udah di-crop. Kalau misalnya kita pengen lihat ke atas, kanan, kiri, atas, bawah, baru bisa. Cuma di sini kalau misalnya kita lagi buka gimbal, kayaknya kita nggak bisa pake kamera utamanya deh.

Kalu mau pake kamera utamanya, kita harus tutup kayak gini, baru kamera utamanya bakal aktif. Kalau buat kamera depannya sendiri, yep, dia pake sistem motorik juga, sistem pop-up kayak begini, ini kalau HP ini jatuh, saya nggak tau berapa bagian yang langsung rusak gitu ya. Ada bagian sini, bagian engselnya, terus di sini ada naik turunnya juga, jadi ini HP yang berbahaya kalau nggak dijaga dengan baik. Walaupun ini teknologinya, saya akuin keren banget. Kalau sekali lagi, di sini ada indikator juga kita ngelihatin ke arah mana kalau kita geraknya ke kanan, dia bakal geraknya ke kanan, terus kita arahin ke atas, dia bakal gerak ke atas juga. Jadi dia kayak ngasih tau gitu, si kamera sebenarnya lagi ngadep ke mana. Karena kalau gini kan, kalau nggak ada ginian, kita nggak tahu ini lagi di tengah atau di atas. Dengan adanya ini bisa lebih jelas. Kalau PF ini apa? Tidak bisa… Kalau F, Follow Mode. Jadi serasa gimbal banget. Terus kalau dual recording ini…

Astaga, berapa banyak lagi bagian yang bisa keluar dari HP ini? Mungkin dari sini bakal keluar sesuatu nanti ya? Jadi ada kamera depan, ada si layarnya. Ya – Ini ngeaktifin fitur Dual Video sih. Jadi ini kalau kamera depan di bagian kanan, kamera belakang di sebelah kiri. Bukan suatu fitur yang bener-bener cakep, cuma di LG Wing ini rasanya agak spesial aja. Karena settingnya bisa kita main-mainin lagi. Terus kontrolnya juga kerasa rumit banget. Wow!

Benar-benar Teknologi Baru

Saya masih lumayan kagok lah melihat HP kayak ginian. Bener-bener teknologi yang baru banget. Cuma bagian kanan kirinya agak panas lho kalo begini. Agak anget sedikit lah. Kalau misalnya kita buka galerinya, terus kita extend kayak gini-ouw…. Kita bisa ngelihatin apa aja isi foldernya jadi bisa ngelihatin sekaligus dengan banyak kira-kira apa isinya. Terus kalau kita pilih satu-satu, kita bisa lihat yang gedenya di bagian atas. Ini rasanya mateng banget lho. Rasanya bukan sekedar HP yang dibuat buat urusan seneng-seneng doang. LG buat urusan kayak gini selalu serius-serius banget.

Jadi makanya… Kalau buka pake satu jari aja bisa. Belum biasa. Tapi kalau buat tutup harus pake dua tangan. Ya… saya antara senang sama sedih lah pas nyobain HP ini. Karena HP ini kelihatannya menjanjikan banget, LG keliatan serius banget, walaupun mungkin mereka udah denger isu di kantor kalau bakal tutup. Cuma mereka tetap bisa hasilin HP kayak gini. Seniat itu LG. Inovasinya keren-keren.

Lensa Ultra Wide

Lensa Ultra Wide yang sekarang lumayan wajib ada di smartphone bahkan ada di tablet juga, itu LG duluan yang ngenalin. Dan sejak saat itu, brand jadi ngeh kalau kamera HP itu boleh ditambah-tambahin. Nggak harus satu aja. Sampai ada kamera periskop, mikroskop, makro. Kali ini LG juga aneh-aneh lagi buat nyaingin HP lipet dari Samsung sama HP gulung mungkin. Bakal ada yang bilang kalau selama nonton video ini, inovasinya kerasa nggak guna! Nggak bakal dipake banyak orang! Ya… mikirnya jangan sesempit itu lah. Apapun inovasinya, laku nggak laku, selalu ada yang bisa dipelajarin dari barang-barang kayak gini.Kalau anda nuntut inovasi yang pasti bakal berhasil, brand juga pasti malas mikir kan nggak bakal berani nyoba hal-hal baru, Ngapain? Kalau gagal dibully. Kalau berhasil dibilang biasa. Jadi persaingan itu paling enak sih, sebagai konsumen, kita yang paling untung kalau brand bersaing. Makanya pas saya ngepost IG kalau LG tutup dan ada yang bilang nggak masalah, nggak ada efeknya ke mereka, rasanya agak sedih aja, soalnya semua jenis persaingan itu kita pasti dapetin manfaatnya sebagai konsumen. Mau bersaing soal harga aja, kita yang paling untung. Apalagi soal inovasi yang bisa bikin HP kita jadi tambah canggih lagi.

Akhir Kata

Jadi gitu aja dulu mungkin, unboxing dari LG Wing, mungkin sesuatu yang menyenangkan, yang seru, ada sedikit bumbu-bumbu sedihnya. Ya nggak masalah lah ya… Karena saya ngehargain inovasi LG banget sih. Kalau dipikir, saya nggak bakal pake HP ini juga. Buat apa gitu. Barangnya gede, terus aplikasi yang didukung mungkin belum banyak, yang YouTube, Gallery, yang bawaan-bawaan wajib udah dukung, cuma kalau misalnya ada aplikasi lain, game, atau apa, mungkin nggak bakal bisa berjalan dengan baik banget di HP ini. Kecuali Asphalt, kemarin saya ada lihat, itu bagus banget juga.

Ya itu sih. Demikian unboxing buat LG Wing, Like kalau anda suka dengan video ini, dislike kalau nggak suka, dan kita ketemu lagi di video selanjutnya. Yo! Nih, ada hidroliknya nih. Jadi kayak apa ya? Butterfly, pisau butterfly gitu ya?

Keren sih… Cuma bisa tahan berapa kali ya?

Thank You LG

Temuin barang barang berkualitas dan promo menarik di Tokopedia: http://tkp.me/promopilihan-Gadgetin​ Thank you Shopyz ID buat pinjeman kerennya: https://invol.co/cl3irkh​ Jangan lupa pake kode SHOPAPR biar dapet cashback 3% up to Rp200 ribu. Barang bekas review biasanya saya jual disini: https://invol.co/clmats

Positives

  • +39000

Negatives

  • -1020

Where to Buy

Beli di Tokopedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Update

Telegram Memperkenalkan Fitur Baru seperti "Clubhouse" dengan Peningkatan Ter-Baru

Worth reading...