oleh

Alasan Server Down, Pemerintah Sering Mengalaminya?

DARMEDIATAMA.COM – Hai sobat setia Darmediatama, sorry ya belakangan ini kami jarang update informasi terbaru mengenai perkembangan teknologi terkini. Karna banyak yeng bertanya apa alasan server down terutama server pemerintah sering down atau error? Nah kali ini kita mau bahas tentang masalah server yang sering mengalami down atau bahkan crash. Yuk, langsung saja ke pokok pembahasannya.

Terkadang kita sering mengalami beberapa kejadian yang lumayan cukup menguras kesabaran saat mengunjungi salah satu website pemerintah atau mungkin server swasta yang tiba-tiba mengalami lola, sever down atau sampai tidak bisa di akses sama sekali. Server yang mau kita bahas kali ini mengenai server pemerintah ya.

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang di Internet dari Link Pendek, Rekomendasi Shortlink Terbaik

Kenapa server pemerintah sering mengalami down? Yuk kita ulas bersama-sama.

1. Penyimpanan Data yang Bersifat Lokal

alasan server down

Apa alasan pemerintah mengunakan penyimpanan lokal data? Tujuannya pemerintahan menggunakan penyimpanan lokal itu untuk alasan keamanan. Bahkan pemerintah tidak akan mengunakan teknologi cloud, dikarnakan dengan alasan keamanan data yang benar-benar harus dijaga dalam suatu instansi.

Setiap Kementerian/Badan/Lembaga pasti mempunyai Direktorat yang namanya Pusat Data Dan Informasi (PUSDATIN), nah disinilah lokasi server itu disimpan. Untuk merubah kebijakan penyimpanan data dicloud, tidak semudah yang dipikirkan. Karena harus merevisi kembali undang-undang dan melakukan riset yang sangat lama untuk memastikan dampak bocornya sebuah informasi negara atau bahkan rahasia negara.

2. Mempunyai Aplikasi Masing-masing

server pemerintah

Setiap Direktorat mempunyai aplikasi atau Website masing-masing. Maka otomatis punya Server masing-masing juga. Terutama beban server yang semakin berat dikarnakan harus melayani client yang membludak pada saat melakukan klik bersamaan serentak.

Baca Juga: Ramai BUDIKSAMBER, Inovasi Baru Ternak Ikan dan Tanam Sayur dalam Ember

Nah, untuk mengantisifasi kejadian tersebut ada beberapa server pemerintahan yang sudah dibekali metode load balancer untuk membagi beban kebeberapa server lainnya yang lumayan cukup meringankan beban server tersebut.

3. Query Database yang Memakan Resource Banyak

server pemerintah down

Arsitektur database Pemerintahan itu menggunakan Relation Database Management System atau (RDMS). Kebanyakan query database yang memakan resource banyak pada setiap kali klik atau permintaan data itu sangat mempengaruhi kecepatan permintaan akses data.

Kejadian tersebut bukan berarti belum dilakukannya proses normalisasi pada database, melainkan jika dapat menunjukan relasi antar table mungkin kamu bisa speechless kalau melihat sebanyak itu relasi antar table di pemerintahan. Bahkan dalam penulisan kode query nya hampir 11 relasi yang saling dependency.

Kesimpulan

Sebetulnya Ada banyak penyebab web server mengalami down, baik di lembaga pemerintah maupun di swasta sekalipun.

Ketika kita mengakses web server dan memperoleh pesan error, memang ada banyak sekali kemungkinan penyebabnya. Bisa di web server, bisa juga di application server ataupun database server.

Baca Juga: Ini Dia Fiture Terbaru dalam Pembaruan Windows 10 Mei 2020

Untuk beberapa kasus, dimana server down/tidak merespons ketika banyak yang mengakses, kemungkinan penyebab lain diantaranya:

  • Maksimum users yang diizinkan web servers sudah tercapai, sehingga users baru tidak bisa masuk, sampai ada connected users yang keluar
  • Web server atau salah satu multi threaded processnya crash atau hang, bisa karena load atau setting yang tidak optimal di webserver. Dalam hal ini semua session yang connect ke proses tersebut akan terputus/error.
  • Users berhasil connect ke webserver, tapi tidak berhasil connect ke database/application server, karena maksimum users di db/apps server telah tercapai. Simptomnya bisa error atau hanya hang/tidak ada respons.
  • Crash di apps servers.
  • Time out di db/apps server. Bisa terkait dengan slow performance/bad sql di db server dan sebab lainnya.
  • Kurang tepat dalam load/performance testing. Atau bisa juga memang tidak ada load/performance test.
  • Improper sizing atau kurang baik dalam perencanaan kapasitas servers nya.
  • Dan masih banyak lagi

Oke, itu dia alasan-alasan penyebab server pemerintah yang sering mengalami down. Kalau kamu mau menambahkan atau sharing mengenai pengalaman dan pengetahuan masalah server, kamu bisa tulis di kolom komentar yah.

Sekian dari kami, semoga bermanfaat dan jangan lupa ngopi hari ini. Hehe

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed