oleh

Tasikmalaya Gelar Lomba Logo Geopark Galunggung Berhadiah Rp 20 Juta

TASIKMALAYA, DARMEDIATAMA.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya Safari Agustin mengatakan, pemerintah daerah membuat lomba pembuatan logo Geopark Galunggung setelah mendapat Keputusan Presiden tentang Gunung Galunggung sebagai salah satu geopark di Indonesia.

Geopark Galunggung – Tasikmalaya

“Hadiah utama untuk juara pertama sebesar Rp 20 juta dan sudah mulai dilombakan mulai hari ini. Dibuka untuk umum bagi warga se-Nusantara dan gratis. Nanti informasinya bisa didapatkan di website Pemkab Tasikmalaya,”

Jelas Agustin saat memberikan keterangan di kantornya, Selasa (21/1/2020).

Pembentukan Geopark Galunggung tersebut meliputi 14 kecamatan dari 39 total jumlah kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya.

Alokasinya nanti membentang di sebelah Barat dengan identitas Gunung Galunggung, Ibu Kota Kabupaten Tasikmalaya Singaparna sampai ke batas Timur lokasi objek wisata Bendungan Leuwikeris.

“Sekarang kan di sebelah ujung Timur Kabupaten Tasikmalaya sedang dibangun Waduk Leuwikeris. Nantinya diprediksikan bahwa bendungan atau waduk Leuwikeris akan menjadi objek wisata yang sangat terkenal nantinya. Kita pun nanti akan bekerjasama dengan Kabupaten Ciamis,”

tambah Safari.

Geopark untuk Galunggung diyakini mampu menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun internasional. Pembiayaan pembangunan geopark ini pun akan dibantu oleh UNESCO Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

“Geopark ini akan memunculkan ciri khas budaya Indonesia di Tasikmalaya. Biasanya kalau Geopark sudah dibangun akan mampu meningkatkan wisatawan bisa sampai 10 kali lipat dari destinasi wisata lainnya,”

tambahnya.

Pemerintah daerah berharap masyarakat akan mampu meningkat kesejahteraannya setelah pembangunan Geopark selesai. Target sendiri pembangunan Geopark Galunggung akan selesai pada November 2020 sekarang ini. Saat ini pun pihaknya akan bekerjasama dengan empat negara untuk menjadikan Geopark Galunggung skala global.

“Sekarang pemerintah daerah akan menggelontorkan dana besar-besaran untuk membangun Geopark yang harus terwujud sampai Bulan November 2020 nanti,”

ujarnya.

Selain lokasi destinasi wisata, lanjut Safari, nantinya akan diciptakan beberapa titik-titik lokasi kuliner. Apalagi kuliner di Tasikmalaya banyak yang khas dan rasanya pun tak kalah lezat dengan kuliner di daerah lainnya.

“Salah satunya ada kupat tahu khas Mangunreja yang sudah terkenal di Indonesia. Padahal aslinya cuma satu kupat tahu Mangunreja, tempatnya di Jalan Mangunreja, Kabupaten Tasikmalaya,”

pungkasnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed