oleh

Silsilah Kampung Naga Tasikmalaya

Tasikmalaya, Darmediatama.com – Kampung Naga adalah warisan budaya Dunia yang sangat wajib kita lestarikan. Sejarah yang sangat panjang dengan silsilah kerajaan yang lumayan lengkap tersembunyi.

Masyarakat Kampung Naga berkumpul di pekarangan lapang perkampungan.
Masyarakat Kampung Naga

Raja Wangsadikarya merupakan salah satu keturunan raja Pajajaran dari Raja Surawisesa dan memiliki keturunan seorang pangeran.

Raja Diputaran ini memiliki keturunan bernama Pangeran Singaparna yang menjadi Panglima Kerajaan Timbang Anten dengan rajanya saat itu Wangsadikarya,” ujarnya.

Dahulu Pangeran Singaparana inilah menjadi eyangnya warga adat.

Selama kepemimpiran Pangeran Singaparana dikenal sebagai pemimpin yang arif dan bijaksana. Atas kebijaksanaan nya beliau diberi amanat Piagam Tembaga Raja Wangsadikarya. Piagam ini untuk digunakan melakukan tindakan yang tepat saat kedaan menunjukan sebuah ancaman.

Layaknya Supersemar, diserahkan juga lambang kekuasaaan Timbang Anteng, yang termasuk Pusaka kerajaan yang sekarang adalah Kampung Naga.

Besarnya kiprah Pengeran Singaparana bagi masyarakat saat itu, maka pengajuan desa Adat Kampung Naga dianggap tepat, untuk menjaga eksistensi desa budaya dan menyebutnya sebagai desa adat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed