oleh

Satu WNA Suspect Corona Dipulangkan Setelah Diisolasi

-News-172 views
Gambar ilustrasi

Jakarta, Darmediatama.com – Salah seorang warga negara asing (WNA) yang sebelumnya diisolasi di Rumah Sakit Penyakit Inpeksi (RSPI) Sulianti Saroso karena terduga suspect virus corona (Covid-19) sudah dipulangkan. WNA tersebut diketahui berasal dari negara terjangkit corona.

Penjelasan

Suspect corona adalah istilah medis yang menyatakan seorang pasien diduga mengidap corona, tapi belum bisa dipastikan positif atau negatif.

“Ada yang pulang satu karena dinyatakan sembuh, warga negara asing,” kata Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril, Kamis (5/3).

Ia tidak menyebut negara asal WNA tersebut. Namun saat datang ke RSPI, WNA tersebut dalam kondisi demam, batuk, serta berasal dari daerah terjangkit corona.

“(Saat dipulangkan) kondisinya baik, hasilnya negatif, jadi sekali lagi, orang yang kontak atau bepergian dari negara terjangkit belum tentu positif,” kata dia.

Selain 1 WNA yang dipulangkan, Syahril mengatakan ada seorang pasien lainnya yang sebelumnya diisolasi kini telah dipindahkan dari ruang isolasi.

“Pasien yang dipindahkan itu, jadi dia tidak perlu lagi dirawat diisolasi, artinya dia tidak menular lagi, tapi dia masih perlu pemulihan,” ujarnya.

Jumalah Pasien

Saat ini, jumlah pasien terkait virus corona yang diisolasi di RSPI Sulianti Saroso per Kamis (5/3) pagi berjumlah 9 orang. Dua pasien yang diisolasi telah dinyatakan positif corona, sedangkan 7 pasien lainnya dalam pengawasan.

“Kemarin (Rabu) ada sembilan, siang masuk satu, malam masuk satu, semuanya kontak (dengan pasien sebelumnya). Kemudian ada 1 pulang yang WNA, dinyatakan sembuh. Satu pindah ruangan, tidak perlu ke ruang isolasi lagi. Jadi hari ini tetap 9 pasien, tetap dua yang positif kemaren,” kata Syahril.

Dua orang pasien yang positif corona itu diduga terinfeksi setelah bertemu dengan seorang warga negara Jepang yang dinyatakan positif corona. Syahril mengatakan hasil laboratorium pasien lainnya dalam pengawasan, melalui Kementerian Kesehatan.

“Di sini, mau positif, mau negatif kami memberikan pelayanan yang terbaik bagi mereka. Intinya semua pasien yang diisolasi agar tidak terjadi penularan kepada yang lainnya,” ucap dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan dari tujuh orang dalam pengawasan yang diisolasi saat ini, ada satu orang yang kondisinya kurang baik. Sebelum dirujuk ke RSPI, pasien tersebut sudah dirawat selama satu minggu di salah satu rumah sakit swasta.

“Di sana sudah dirawat selama satu minggu dan pakai ventilator, jadi dikirim ke sini pakai ventilator, umurnya 65 tahun, dan ini ada memang kurang baik keadaannya,” ucap dia.

Sedangkan kondisi 2 orang positif corona yang juga dirawat, terus membaik. Keduanya sudah tidak demam, sesak nafas, nyeri tenggorokan, namun masih mengalami batuk-batuk kecil.

“Kita menunggu pemeriksaan hari kelima ya, besok, kalau hasilnya negatif, kemudian kita periksa lagi hasilnya negatif dua kali, kemudian kondisinya baik, ya kita pulangkan, berarti dia dinyatakan sembuh,” kata Syahril.

Sumber: CNN

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed