oleh

Ramai BUDIKSAMBER, Inovasi Baru Ternak Ikan dan Tanam Sayur dalam Ember

Darmediatama.com, Teknik Budidaya Ikan Dalam Ember atau (Budikdamber) – Hai sobat Darmediatama, kali ini kita akan membahas mengenai perkembangan teknologi di dunia Peternakan dan Pertanian. Kita akan bahas mengenai Budidaya Ikan yang di kolaburasikan dengan menanam sayuran. Seperti apa ceritanya? Yuk, kita simak bersam-sama.

Diera New Normal COVID-19 kali ini, banyak para masyarakat yang berinovasi di berbagai bidang. Karena keterbatasan social distancing yang memang kita rasa cukup membatasi ruang lingkup pergerakan masyarakat umumnya. Baik itu dari segi perekonomian maupun sosial.

Para masyarakat terutama di Kota Tasikmalaya berhasil menciptakan beberapa peluang yang bisa menopang kebutuhan mereka sehari-hari dari rumah. Belakangan ini marak diperbincangkan mengenai dunia budidaya diarea perumahan, terutama kegiatan yang bisa mengoptimalkan kegiatan di rumah.

Tekni Budidaya Ikan dan Sayuran Didalam Ember

Teknik ini juga ramai diperbincangkan di media sosial, usai beberapa warga-net mengunggahnya dalam sebuah akun Twitter. Namanya BUDIKDAMBER?

Dengan Budikdamber, seseorang dapat beternak ikan lele sekaligus menanam sayuran, meskipun tidak memiliki lahan yang cukup luas, kamu tetap bisa mengoptimalkan lahan secukupnya.

Budikdamber merupakan temuan dari dosen budidaya perikanan asal Politeknik Negeri Lampung, yang bernama Juli Nursandi.

Lantas bagaimana caranya beternak ikan lele dan menanam kangkung dalam ember dengan teknik Budikdamber tersebut?

Jenis Ikan dan Sayur

untuk jenis ikan, Juli menjelaskan ikan yang cocok diternak dengan teknik Budikdamber adalah ikan lele, ikan patin, ikan sepat, ikan betok, ikan gabus dan gurame.

Sedangkan tanaman yang bisa ditanam di antaranya adalah kangkung, genjer, dan bayam Brazil.
Belakangan ada yang mencoba inovasi baru yaitu Budiksamber, tidak lain adalah pengembangan dari Budikdamber tersebut.

  • Budiksamber adalah Budidaya Ikan Dan Sayur Dalam Ember.
  • Budiksamber mampu membudidayakan Semua Jenis Ikan dan Tanam Sayur,

Nah, di Kota Tasikmalayajuga ada pegiat yang mengikuti jejak Bapak Juli. Namanya Bapak Agus Setiana, M.S.I. Seperti yang dilakukan oleh Bapak Agus, beliau mencoba berinovasi dari Budikdamber dikembangkan menjadi Budiksamber di Ponpes Ash-Sholeh Kota Tasikmalaya.

Yuk simak pengarahan mengenai Budiksamber bapak Agus dalam vidio selengkapnya.

Gimana, kamu tertarik mengikuti inovasi BUDIKSAMBER? Semoga artikel kali ini bisa menjadi referensi buat kamu yang tertarik mengikuti jejak Bapak Agus ya.

Jika ada pertanyaan mengenai Budiksamber, kamu bisa bertanya di kolom komentar di bawah ya. Terimakasih.

Jangan lupa Ngopi hari ini… 🙂

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

News Feed