laragon
Advertisements

Darmediatama.com – Dalam dunia pengembangan web, efisiensi dan kecepatan menjadi kunci utama. Laragon muncul sebagai solusi yang menjanjikan untuk memenuhi kedua aspek tersebut. Dengan kemudahan penggunaan dan fitur-fitur canggihnya, Laragon telah menjadi pilihan populer di kalangan pengembang web.

Apa Itu Laragon?

Laragon adalah paket perangkat lunak yang menyediakan lingkungan pengembangan lokal untuk berbagai bahasa pemrograman seperti PHP, Node.js, Python, Java, Go, dan Ruby. Ini dirancang untuk memudahkan pengembangan aplikasi web dengan menyediakan semua alat yang diperlukan dalam satu paket yang mudah digunakan.

Advertisements

Fitur Utama Laragon

  • Portabilitas: Laragon dapat dijalankan dari USB drive, memungkinkan pengembang untuk membawa lingkungan pengembangan mereka ke mana saja.
  • Kecepatan: Laragon dioptimalkan untuk performa, memastikan aplikasi berjalan dengan cepat dan lancar.
  • Kemudahan Penggunaan: Antarmuka yang intuitif memudahkan pengembang untuk memulai tanpa harus mengkonfigurasi banyak pengaturan.
  • Isolasi Lingkungan: Laragon menjaga lingkungan pengembangan terpisah dari sistem operasi, mengurangi risiko konflik dan masalah kompatibilitas.
  • Manajemen Proyek: Dengan Laragon, pengembang dapat dengan mudah membuat dan mengelola banyak proyek secara bersamaan.

Cara Kerja Laragon

Laragon menggabungkan berbagai komponen seperti web server (Apache atau Nginx), PHP, database (MySQL atau MariaDB), dan terminal terintegrasi. Ini memungkinkan pengembang untuk menjalankan kode mereka di lingkungan yang mirip dengan server produksi.

Kelebihan Laragon

  • URL yang Bersih: Laragon memungkinkan pengembang untuk menggunakan URL yang bersih dan mudah diingat untuk proyek mereka.
  • Kustomisasi Tinggi: Pengembang dapat menyesuaikan lingkungan pengembangan sesuai dengan kebutuhan proyek mereka.
  • Jika kamu menggunakan XAMPP ketika ingin menjalankan project maka link yang digunakan adalah localhost/app sedangkan dengan menggunakan pretty urls ini kamu bisa mengaksesnya dengan link app.test
  • Jika pada XAMPP folder project ada di folder htdocts maka laragon bisa dimana saja tempat penyimpanan projectnya.

Panduan Lengkap Penggunaan Laragon

Langkah 1: Instalasi Laragon

  1. Unduh Laragon: Buka browser web Anda dan kunjungi situs web resmi Laragon. Atau anda bisa mengunduh nya disini : DOWNLOAD LARAGON FOR WINDOWS
  2. Jalankan Instalator: Setelah proses unduhan selesai, buka file instalator Laragon yang telah Anda unduh dan ikuti petunjuk instalasi yang muncul di layar.
  3. Selesaikan Instalasi: Ikuti langkah-langkah instalasi hingga selesai. Pastikan untuk memilih opsi konfigurasi yang sesuai dengan preferensi Anda.

Langkah 2: Konfigurasi Laragon

  1. Buka Laragon: Setelah instalasi selesai, buka aplikasi Laragon. Anda akan melihat antarmuka pengguna Laragon.
  2. Atur Direktori Root: Pilih direktori root untuk proyek-proyek web Anda. Ini adalah lokasi di mana file-file proyek akan disimpan. Klik kanan pada ikon Laragon di tray sistem, pilih “Preferences”, dan atur direktori root sesuai keinginan Anda.
  3. Mulai Layanan: Klik tombol “Start All” di aplikasi Laragon untuk memulai semua layanan yang diperlukan seperti server web, database, dan lain-lain.

Langkah 3: Membuat Proyek Baru

  1. Buat Proyek: Klik kanan pada layar utama Laragon dan pilih “Quick app”. Pilih jenis aplikasi yang ingin Anda buat, seperti WordPress, Laravel, atau proyek kosong.
  2. Berikan Nama Proyek: Setelah memilih jenis aplikasi, beri nama proyek Anda dan klik “Create”. Laragon akan mengatur proyek baru untuk Anda dengan konfigurasi yang sesuai.

Langkah 4: Menggunakan Terminal Terintegrasi

  1. Buka Terminal: Laragon menyediakan terminal terintegrasi untuk menjalankan perintah-perintah CLI (Command Line Interface). Buka terminal dengan mengklik tombol “Terminal” di antarmuka Laragon.
  2. Jalankan Perintah: Gunakan terminal untuk menjalankan perintah-perintah seperti instalasi paket, menjalankan migrasi database, atau menjalankan skrip PHP.

Langkah 5: Akses Proyek Anda

  1. Buka Browser: Pada kasus disini saya memasukkan root di F:\Code\codeigniter dan terdapat project dengan nama ci-3 maka saya cukup mengakses ci-3.test.

Tutorial Lanjutan

Untuk tutorial lanjutan tentang penggunaan Laragon, Anda dapat melihat dokumentasi resmi Laragon, menonton video tutorial, Anda dapat menonton video tutorial di YouTube atau mengunjungi halaman halaman ini : Laragon Installation & How-to Use Tutorial.

Advertisements

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat memanfaatkan fitur-fitur Laragon dengan maksimal untuk mengembangkan aplikasi web Anda dengan efisien dan efektif.


Semoga panduan ini membantu Anda memulai penggunaan Laragon dengan lancar dan efisien! Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk bertanya.

Advertisements

Informasi Terkait

Top 10 Downloads

  1. Download Adobe Photoshop CC 2020 Full Crack Update 6 Maret 2024 (786,462)
  2. Download CorelDRAW 2022 Full Crack 64 Bit 6 Maret 2024 (460,182)
  3. Download IDM Full Crack Tanpa Registrasi Aktif Selamanya Terbaru 6 Maret 2024 (27,614)
  4. Download CorelDRAW X7 Full Crack 32/64Bit Terbaru 6 Maret 2024 (5,202)
  5. Download SketchUp 2020 Full Crack Terbaru 7 Maret 2024 (2,963)
  6. Download SketchUp Pro 2018 Terbaru 27 Februari 2024 (1,729)
  7. CorelDRAW Graphics Suite X7 17.6.0.1021 Full Version 03 Maret 2024 (1,405)
  8. Download Adobe Premiere CC Pro 2020 Full Version 27 Februari 2024 (1,249)
  9. Adobe Photoshop CC 2015 5.17.0.1 Full Version 27 Februari 2024 (1,126)
  10. Internet Download Manager 6.39 Build 8 Full Crack 27 Februari 2024 (1,013)