Mengenal Makanan Khas Sunda
Advertisements

Darmediatama.com – Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman budaya, termasuk dalam hal kuliner. Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan kelezatan masakannya adalah Jawa Barat, dengan beragam hidangan khasnya yang dikenal sebagai makanan Sunda.

Berikut 10 Makanan khas sunda yang patut Anda coba versi Darmediatama :

1. Nasi Timbel

Nasi timbel adalah salah satu makanan khas Sunda yang dikenal dengan cita rasanya yang kuat dan unik, sehingga sangatlah identik dengan masakan orang Sunda. Hidangan ini biasanya dijual di warung-warung makanan dengan penyajiannya yang menggunakan daun pisang.

Advertisements

Nasi timbel disajikan dengan beragam lauk pendamping yang melengkapi rasanya yang khas. Beberapa lauk yang sering menyertai nasi timbel antara lain ikan asin, pepes ikan, empal, ayam goreng, tawes, japuh, serta lalapan dan sambal yang terkenal dengan kelezatannya.

Kehadiran nasi timbel menjadi pilihan favorit bagi pecinta kuliner Sunda yang ingin menikmati sajian yang kaya akan cita rasa tradisional, membuatnya menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan kuliner Nusantara yang patut untuk dinikmati.

Advertisements

2. Ayam Bakak

Namanya saja sudah terdengar kental dengan kebudayaan Sunda.

Bakakak hayam adalah salah satu menu masakan yang mudah ditemui di wilayah Sunda.

Advertisements

Seperti yang tersemat pada namanya “hayam” yang berarti ayam, makanan khas Sunda ini menggunakan bahan utama berupa ayam yang kemudian diberi bumbu khas kuliner Sunda dan dipanggang.

Ayam yang digunakan untuk makanan bakakak hayam biasanya satu ekor utuh, sehingga dapat disantap bersama-sama oleh beberapa orang.

Advertisements

Masyarakat Sunda biasanya menyantap bakakak hayam ini dengan sambal merah atau hijau, disertai dengan lalapan sayuran segar sebagai pelengkapnya.

3.Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom merupakan makanan khas Sunda dengan menyajikan nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau oncom bakar. Nasi tutug oncom ini merupakan masakan khas Tasikmalaya, Jawa Barat.Nasi tutug oncom dibuat dengan mengaduk dan menumbuk nasi dan oncom.Penyajiannya bersama lauk pendamping, seperti tahu,tempe goreng, ayam goreng, lalapan sayur, dan sambal terasi. Nasi tutug oncom paling enak apabila disajikan dalam keadaan hangat.

Advertisements

4. Soto Bandung

Ada banyak variasi soto di Indonesia, salah satunya adalah Soto Bandung yang merupakan salah satu makanan khas Sunda.

Apa yang membedakan Soto Bandung dengan soto lainnya?

Advertisements

Soto Bandung terkenal karena menggunakan tetelan daging sapi sebagai bahan utamanya. Selain itu, untuk mencapai cita rasa yang lezat, berbagai macam bumbu khas digunakan, antara lain jahe, serai, lengkuas, gula, bawang merah, merica, dan bawang putih.

Soto Bandung juga biasanya disajikan dengan irisan lobak, kacang kedelai, bawang goreng, dan irisan seledri sebagai tambahan. Untuk memberikan tambahan cita rasa yang segar dan pedas, biasanya ditambahkan perasan jeruk nipis dan sambal.

Advertisements

Dengan kombinasi bahan-bahan dan bumbu yang khas, Soto Bandung menjadi hidangan yang lezat dan nikmat untuk dinikmati, menjadi salah satu kebanggaan kuliner khas Sunda.

5. Batagor

Meskipun batagor sering dijumpai di berbagai tempat di Indonesia, jajanan ini sebenarnya merupakan makanan khas Sunda yang berasal dari tanah Bandung. Batagor, singkatan dari “bakso tahu goreng”, adalah sajian yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di kota yang terkenal dengan kelezatan kuliner Sunda ini.

Advertisements

Batagor terbuat dari campuran daging ikan tenggiri, tepung sagu, telur, dan kulit pangsit yang kemudian digoreng hingga garing dan renyah. Proses penggorengan ini menghasilkan tekstur yang lezat dengan kombinasi gurih dan renyah yang sulit untuk ditolak.

Tentu saja, kenikmatan batagor tidak lengkap tanpa saus kacang yang kaya rasa. Saus kacang khas batagor adalah paduan sempurna antara kacang tanah yang dihaluskan dengan bumbu-bumbu rempah pilihan, memberikan sentuhan lezat yang membuat lidah ingin terus menikmatinya.

Advertisements

Jadi, jika Anda berkunjung ke Bandung, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan batagor yang gurih dan renyah ini. Rasakan sensasi cita rasa khas Sunda yang menggoda dalam setiap gigitannya!

6. Es Cincau Hijau

Es cincau hijau adalah minuman segar khas Sunda yang terbuat dari cincau hijau yang dipotong kecil-kecil, dicampur dengan santan, gula merah cair, dan es serut. Minuman ini sangat cocok dinikmati sebagai penutup setelah menyantap hidangan khas Sunda.

Advertisements

7. Lotek

Rasanya tidak lengkap jika tidak memasukkan lotek sebagai salah satu makanan khas Sunda yang sangat terkenal.Lotek dan karedok sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Sunda, menjadi pilihan yang cocok bagi mereka yang ingin menikmati ragam sayuran dalam satu hidangan.

Lotek terbuat dari sayuran yang sudah direbus, seperti kol, kacang panjang, taoge, dan kangkung, disajikan dengan bumbu kacang yang lezat. Yang membedakan lotek dari karedok adalah penggunaan sayuran yang sudah matang sehingga lebih empuk.

Advertisements

Sementara, pada karedok, sayuran biasanya disajikan dalam keadaan mentah setelah dicuci dengan baik sebelum disajikan.

Lotek bisa disantap dengan nasi hangat atau lontong, serta kerupuk, untuk menambah kenikmatan saat menyantapnya.

Advertisements

8. Mie Kocok Bandung

Mie kocok menggunakan mie kuning sebagai bahan dasarnya, yang disajikan dalam kuah kaldu sapi yang gurih.

Hidangan khas Sunda ini sering ditemui di daerah Bandung dan menjadi favorit di sana. Mie kocok biasanya disertai dengan tauge rebus, bakso, irisan kikil, serta dihiasi dengan daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng.

Advertisements

Nama “mie kocok” berasal dari metode memasaknya, yaitu dengan mengocok mie dalam wadah khusus sambil mencelupkannya ke dalam air panas. Proses ini memberikan tekstur unik pada mie dan memastikan perpaduannya dengan kuah kaldu sapi yang lezat.

9. Sorabi

Tidak hanya makanan gurih, ada juga hidangan manis khas Sunda yang terkenal, yaitu serabi. Serabi biasanya mudah ditemukan di kawasan Bandung dan merupakan salah satu camilan favorit di sana.

Advertisements

Makanan khas Sunda ini terbuat dari adonan tepung beras yang dipanggang dalam tungku dari tanah liat. Meskipun bahan dan cara pembuatannya sederhana, rasanya sangat unik dan lezat.

Awalnya, serabi disajikan hanya dengan gula yang telah dicairkan. Namun, kini banyak pedagang yang mengkreasikan serabi dengan berbagai topping menarik, seperti keju, selai stroberi, atau bahkan isian asin seperti telur, ayam, dan kornet.

Advertisements

10.Tahu Gejrot

Selanjutnya, ada tahu gejrot sebagai salah satu makanan khas Sunda yang juga tak kalah enaknya.

Tahu gejrot, meskipun lebih dikenal sebagai makanan khas Cirebon, juga merupakan hidangan yang populer di kalangan pecinta kuliner Sunda.

Advertisements

Tahu gejrot terbuat dari tahu Sumedang yang dipotong-potong dan disajikan dengan bumbu cabai segar. Bumbu segarnya umumnya terdiri dari kencur, bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit, yang memberikan cita rasa pedas dan segar yang khas.

Makanan khas Sunda tidak hanya lezat tapi juga merepresentasikan kekayaan budaya dan tradisi kuliner Indonesia. Dengan beragam hidangan yang menggabungkan cita rasa, tekstur, dan aroma yang khas, makanan khas Sunda menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta kuliner. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan makanan khas Sunda ketika berkunjung ke Jawa Barat!

Informasi Terkait

Top 10 Downloads

  1. Download Adobe Photoshop CC 2020 Full Crack Update 6 Maret 2024 (786,464)
  2. Download CorelDRAW 2022 Full Crack 64 Bit 6 Maret 2024 (460,184)
  3. Download IDM Full Crack Tanpa Registrasi Aktif Selamanya Terbaru 6 Maret 2024 (27,616)
  4. Download CorelDRAW X7 Full Crack 32/64Bit Terbaru 6 Maret 2024 (5,204)
  5. Download SketchUp 2020 Full Crack Terbaru 7 Maret 2024 (2,964)
  6. Download SketchUp Pro 2018 Terbaru 27 Februari 2024 (1,730)
  7. CorelDRAW Graphics Suite X7 17.6.0.1021 Full Version 03 Maret 2024 (1,405)
  8. Download Adobe Premiere CC Pro 2020 Full Version 27 Februari 2024 (1,249)
  9. Adobe Photoshop CC 2015 5.17.0.1 Full Version 27 Februari 2024 (1,127)
  10. Internet Download Manager 6.39 Build 8 Full Crack 27 Februari 2024 (1,015)