oleh

iPhone 12 Hadir dengan Jaringan 5G, Simak Fitur Terbarunya

-Gadget, Review-12.895 views

Darmediatama.COM – Semua  seri iPhone 12 mendukung 5G. Sementara beberapa ponsel Android belum mendukung 5G, ini adalah kali pertama Apple merilis ponsel yang mendukung jaringan 5G. Jadi, apakah pemilik iPhone 12 akan mendapatkan kecepatan ultra yang tersedia di mana-mana? Dan apa dampak jaringan 5G bagi masa pakai baterai?

IPhone Mana yang Memiliki 5G?

Semua model iPhone 12 mendukung jaringan 5G. IPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Max semuanya menyertakan dukungan koneksi 5G.

Semua seri iPhone di masa depan kemungkinan besar akan mendukung 5G juga. Namun, iPhone lama seperti iPhone 11, iPhone XS, iPhone XR, dan iPhone X tidak mendukung 5G. Fitur ini membutuhkan hardware baru di dalam iPhone dan tidak dapat ditambahkan melalui update software.

Perhatikan bahwa hanya model AS dari iPhone 12 yang memiliki dukungan hardware gelombang milimeter (mmWave).

Seberapa Cepat Jaringan 5G?

Kecepatan 5G lebih rumit dari yang Anda kira. Itu karena 5G menyertakan banyak varian.

iPhone 12

Versi 5G tercepat dan paling digemari menggunakan teknologi “millimeter wave” (mmWave) untuk memberikan kecepatan yang luar biasa. Ketika seseorang mengatakan 5G dapat menawarkan kecepatan lebih dari 4,0 Gbps dalam “kondisi ideal”, yang mereka maksud adalah gelombang milimeter.

Masalahnya: Teknologi gelombang milimeter adalah jarak pendek. Di daerah perkotaan yang padat, mungkin investasi yang diperlukan sangat besar untuk memasang jumlah stasiun pangkalan untuk cakupan yang luas, dan gelombang milimeter dapat menghasilkan kecepatan tinggi.

Tetapi tidak di semua tempat yang tercakup oleh 5G akan tercakup oleh stasiun pangkalan gelombang milimeter. Kota-kota kecil dan pedesaan akan membutuhkan lebih banyak BTS yang ditempatkan lebih dekat. Secara realistis, biaya penerapan ini berarti 5G di sebagian besar kota kecil, daerah pedesaan, dan pinggiran kota kemungkinan besar tidak akan mendekati kecepatan super yang dijanjikan. Mereka akan mendapatkan “sub-6” 5G yang lebih mirip dengan 4G LTE.

Itu tidak berarti 5G buruk. 5G menambahkan spektrum pita menengah tambahan yang seharusnya memperluas layanan di suatu tempat lebih cepat ke daerah pedesaan yang tercakup oleh layanan pita rendah yang lebih lambat di bawah 4G LTE. Jaringan 5G seharusnya membuat data seluler dengan kecepatan saat ini lebih luas dan andal.

Jaringan 5G adalah peningkatan — memungkinkan kecepatan yang sangat cepat dalam keadaan ideal dengan stasiun basis seluler yang ditempatkan secara padat — tetapi kecepatan 5G yang sangat cepat itu tidak akan muncul di seluruh negeri.

Masalah lainnya: Dalam beberapa kasus, jaringan 5G telah menunjukkan kecepatan yang lebih lambat daripada jaringan 4G LTE. Pada September 2020, tes PCMag menemukan bahwa jaringan 5G AT&T lebih lambat daripada jaringan 4G LTE di hampir setiap kota yang diuji. Ini adalah hasil dari cara AT&T memilih untuk menyebarkan 5G dan dapat diperbaiki oleh operator seluler — tetapi ini menunjukkan bagaimana peningkatan konektivitas ke 5G belum tentu merupakan peningkatan jaringan ditahun 2020.

Akankah 5G Menguras Baterai iPhone Anda?

Jaringan iPhone 12

Salah satu alasan mengapa iPhone sepertinya tidak menyertakan konektivitas 5G di seri sebelumnya— selain operator seluler yang membutuhkan lebih banyak waktu untuk membangun jaringan 5G — adalah karena perangkat tersebut dapat menggunakan lebih banyak daya baterai.

Apple mengatakan antena iPhone secara otomatis beralih antara mode 4G LTE dan 5G untuk menghemat daya baterai. Saat iPhone Anda tidak membutuhkan 5G, secara otomatis menggunakan 4G LTE. Saat kecepatan 5G dibutuhkan, iPhone Anda akan beralih ke 5G. Ini disebut “Mode Data Cerdas”.

Di Mana Saja 5G Tersedia?

Jika Anda bertanya-tanya di mana layanan 5G tersedia, Anda dapat memeriksa situs web penyedia seluler Anda. Anda dapat memperbesar dan memeriksa peta berkode warna untuk melihat apa yang dilaporkan operator seluler Anda yang tersedia di wilayah Anda.

Dalam jangka panjang, jaringan 5G merupakan peningkatan yang sangat penting. Data seluler bisa lebih cepat di daerah perkotaan yang padat atau stadion yang padat. Jika pemancar gelombang milimeter digunakan lebih luas, 5G bahkan dapat mengubah koneksi internet rumah Anda. Kecepatan yang mirip dengan 4G LTE harus lebih luas dan bahkan dapat diandalkan di area yang kurang padat.

Dalam jangka pendek, kebanyakan orang mungkin tidak cukup dekat dengan BTS mmWave untuk melihat kecepatan tinggi tersebut. Lebih buruk lagi, jaringan 5G membutuhkan lebih banyak waktu dan mungkin lebih lambat daripada jaringan 4G mereka. Diharapkan, iPhone akan cukup pintar menggunakan jaringan 4G LTE ketika lebih cepat dari jaringan 5G.

Rilis Apple iPhone 5G adalah langkah penting. Jaringan 5G adalah masa depan, dan operator seluler akan mulai menjadi lebih serius dengan begitu banyak pengguna iPhone yang memanfaatkannya.

Tapi, di akhir tahun 2020, apakah 5G harus dimiliki? Yah, tidak juga. Bukan untuk kebanyakan orang.

Inilah kabar baiknya: Semua model iPhone 12 mendukung 5G, dan semuanya mendukung teknologi gelombang milimeter (mmWave). Jika Anda meningkatkan ke iPhone baru, Anda akan mendapatkan dukungan 5G, dan jaringan 5G itu masa depan teknologi yang internt. 

Tetapi, jika Anda senang dengan iPhone Anda dan Anda berpikir untuk meningkatkan hanya untuk 5G, kami tidak merekomendasikannya. 5G masih membutuhkan lebih banyak waktu sebelum benar-benar bermanfaat bagi kebanyakan orang.

Tentu saja, jika Anda tinggal di daerah perkotaan padat di sebelah BTS berkemampuan mmWave, mungkin iPhone berkemampuan 5G akan menjadi smartphone yang berharga! Tetapi kebanyakan orang belum berada dalam situasi itu.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed