Tips

Cara Upgrade RAM (Memori) di Laptop

Berikut cara mengupgrade RAM pada laptop kamu,

Darmediatama, Cara Upgrade RAM – Apakah laptop lama kamu terasa lamban atau sistem kamu yang lebih baru mulai macet ketika terlalu banyak tab yang terbuka, menambahkan lebih banyak RAM dapat menyelesaikan masalah. Jika komputer kamu tidak memiliki memori fisik yang cukup, komputer akan mulai menukar data ke hard drive atau SSD kamu, yang merupakan proses yang jauh lebih lambat (bahkan dengan chip RAM yang paling lambat). Meskipun tidak semua laptop modern memberi kamu akses ke RAM, banyak yang menyediakan cara untuk meningkatkan memori kamu.

Jika kamu dapat upgrade ram memori laptop kamu, itu tidak akan menghabiskan banyak uang atau waktu. Pindah dari 4GB ke 8GB RAM (upgrade paling umum) biasanya berharga antara $25 dan $55, tergantung pada apakah kamu perlu menukar kartu memori atau hanya menambahkan beberapa gig lagi. Dan proses menukar chip RAM hanya memakan waktu antara 5 dan 10 menit, tergantung pada berapa banyak sekrup yang harus kamu lepaskan dari sasis. Berikut cara mengupgrade memori laptop kamu.

Lihat berapa banyak RAM yang kamu gunakan

Memori yang rendah sering menjadi penyebab kemacetan pada komputer tertentu, dan dapat menyebabkan tidak hanya kinerja yang lambat tetapi juga masalah stabilitas. Jika kamu adalah pengguna yang kuat — multitasking di beberapa program intensif atau membuka 30 atau lebih tab browser sekaligus — lebih banyak memori kemungkinan akan membantu sistem kamu berjalan lebih lancar.

kamu dapat memeriksa penggunaan memori laptop kamu di Windows Task Manager. Cukup klik kanan taskbar dan pilih Task Manager. Kemudian, di tab Performance Task Manager, lihat berapa banyak memori yang digunakan dari total yang tersedia. kamu juga akan melihat berapa banyak slot memori fisik yang digunakan dan, dengan demikian, berapa banyak yang tersedia untuk menambahkan lebih banyak memori.

Screenshot 491

kamu akan mendapatkan tampilan yang lebih mendetail dengan mengeklik opsi “Buka Monitor Sumber Daya” di bagian bawah jendela Pengelola Tugas dan navigasikan ke tab Memori. Catatan: layar akan terlihat sedikit berbeda di bawah Windows 7 (tembakan di bawah ini berasal dari Windows 10).

Screenshot 492

Jika kamu mendekati atau melebihi jumlah memori fisik, kamu tahu bahwa kamu membutuhkan lebih banyak.

Cari tahu apakah kamu dapat Upgrade RAM

Sayangnya, banyak laptop memiliki bagian bawah yang tersegel atau memori yang disolder ke motherboard; kedua situasi mencegah kamu mengupgrade RAM. (Mungkin juga sistem memiliki ambang batas RAM yang akan dikenalinya.) Untuk mengetahui apakah kamu dapat meningkatkan RAM kamu, coba alat Penasihat Memori Krusial. Setelah memasukkan merek dan model laptop yang tepat, kamu akan mendapatkan layar yang menunjukkan jumlah maksimum memori dan berapa banyak slot yang dimiliki laptop kamu.

Screenshot 493

Krusial juga mencantumkan modul memori yang dapat kamu beli untuk laptop kamu. Namun, kamu juga bisa mendapatkan DIMM serupa dari merek lain. Perhatikan kecepatan dan jenis RAM yang kamu butuhkan, yang biasanya DDR2, DDR3 atau DDR4 dengan kecepatan tertentu di sebelahnya (mis. “DDR3 PC3-12800”).

Buka panel untuk menemukan bank memori kamu

Dengan memori tambahan kamu di tangan, saatnya untuk meng-upgrade memori laptop kamu, proses yang cukup mudah. Pertama, matikan laptop kamu dan cabut adaptor daya.

Selanjutnya, buka panel di bagian bawah laptop kamu yang menutupi bank memori. (Tergantung pada sistem kamu, kamu mungkin harus membuka seluruh bagian belakang laptop untuk mengakses memori dan komponen lainnya.)

Screenshot 494

Ground diri kamu untuk menghindari pelepasan muatan listrik statis

Namun, sebelum kamu menyentuh komponen apa pun di PC, sentuh permukaan logam apa pun di dalam komputer (mis., bagian belakang hard drive atau konektor logam untuk komponen lain). Ini akan melepaskan listrik statis yang berpotensi merusak dari tubuh kamu.

Screenshot 495

Hapus memori jika perlu

Jika semua slot memori kamu sudah terisi, kamu harus mencabut DIMM yang ada untuk menggantinya. Untuk melepaskan modul memori, dorong klip yang menahannya di tempatnya. Modul memori harus muncul pada suatu sudut.

Screenshot 496

Kemudian, sambil memegang modul memori di bagian tepinya — tanpa menyentuh konektor emas di bagian bawah, angkat modul keluar.

Screenshot 497

Pasang modul memori baru

Selanjutnya, masukkan modul baru ke dalam slot terbuka kamu pada sudut 45 derajat, dengan tepi emas menghadap ke bawah. Gunakan tekanan yang merata dengan jari kamu di bagian atas modul untuk mendorongnya ke tempatnya. Saat kamu mendengar bunyi klik dan merasakan DIMM terpasang pada tempatnya, dorong modul dengan kuat ke belakang hingga terpasang rata dan rata, dengan klip menahannya dengan aman.

Screenshot 498

Itu dia! Nyalakan laptop kamu dan kembali ke jendela System Information atau Task Manager untuk memverifikasi memori baru kamu telah ditambahkan. Selamat memori kamu sudah di upgrade.

87 / 100

Posting terkait
Tips

Cara Update Driver Laptop Menggunakan IObit Driver Booster

Download NOW DARMEDIATAMA TIPS, IObit Driver Booster Pro 8.4.0.432 Full Crack – Sobat…
Baca lebih banyak
Tips

Cara mengganti Kursor Windows 10 Biar gak Bosenin

Download NOW DARMEDIATAMA, Cara Mengganti Kursor Windows 10 – Sobat nggak suka dengan ukuran…
Baca lebih banyak
Tips

Tips Cara Optimalkan AirPods Pro Lebir Seru

Download NOW DARMEDIATAMA, Tips Cara Optimalkan AirPods Pro – Buat sobat pengguna AirPods Pro…
Baca lebih banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.