oleh

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus atau Sengaja Dihapus, InsyaAllah Balik!

Darmediatama – Aplikasi nggak sengaja jadi hilang dan ingin mengembalikan aplikasi yang terhapus? Yuk simak tips jitu cara mengembalikan aplikasi yang hilang di artikel ini.

Aplikasi menjadi daya tarik tersendiri yang mampu membuat smartphone menggeser kedudukan ponsel symbian dan sejenisnya ketika pertama kali dikeluarkan.

Meskipun begitu, fitur ini bukan berarti tanpa celah. Sering kali terjadi ketidaksengajaan yang menyebabkan aplikasi tertentu terhapus dari smartphone.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Hilang

Aplikasi di dalam smartphone seolah bertindak sebagai fitur tambahan, di mana keberadaannya mampu membuat ponsel kamu menjadi lebih canggih lagi.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Ponsel via Play Store

Langkah 1 – Buka aplikasi Play Store di handphone kamu, lalu pilih ikon garis tiga yang terdapat di sudut kiri atas aplikasi ini.

01 84200
  • Langkah 2 – Setelah jendela pilihan baru terbuka, pilih My apps & games. Ketika diarahkan ke menu baru, pilih Library.
02 6e76b
  • *Langkah 3** – Pada menu Libray ini terdapat deretan aplikasi yang pernah kamu install sebelumnya. Pilih aplikasi mana yang ingin kamu kembalikan lalu tekan install.
03 64704

Aplikasi bawaan yang terhapus via Play Store ini membutuhkan koneksi internet karena pada dasarnya Play Store akan mengunduh ulang aplikasi tersebut.

Metode ini membutuhkan koneksi internet karena Play Store tidak menyimpan backup setiap aplikasi kamu di media penyimpanan, baik itu internal maupun eksternal.

Meskipun begitu, cara ini efektif untuk kamu yang secara tidak sengaja menghapus aplikasi dan kesulitan untuk mengingat apa nama aplikasi tersebut.

Untuk kamu yang ingin mengebalikan aplikasi yang terhapus tanpa internet, metode kedua bisa menjadi solusinya.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus Tanpa Download

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus selanjutnya ini tidak memerlukan koneksi internet. Aplikasi ini akan menyimpan backup aplikasi yang kamu butuhkan di memory ponsel kamu.

Kamu bisa melakukan backup secara manual maupun otomatis di aplikasi ini, tetapi Kami sarankan untuk mengggunakan fitur backup manual untuk meminimalisir penggunaan memory di ponsel kamu.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk membuat backup file via aplikasi App Backup & Restore yang nantinya bisa dipulihkan tanpa internet.

  • Langkah 1 – Download dan install aplikasi App Backup & Restore di ponsel kamu, dan buat kamu yang belum memiliki aplikasi ini bsia langsung download melalui link di bawah in.

Download Aplikasi App Backup & Restore di sini!

App Backup and Restore

  • Langkah 2 – Pada Tab Installed, akan terlihat aplikasi yang ada di ponsel kamu. Pilih aplikasi mana saja yang ingin kamu buat dan simpan backup-nya, dengan menceklis pilihasn di sebelah kanan.
01 C23cb
  • Langkah 3 – Setelah aplikasi dipilih, klik Backup untuk memulai proses penyimpanan data cadangan aplikasi di ponsel kamu.
02 05e82
  • Langkah 4 – Tunggu beberapa saat hingga proses pembuatan backup selesai dilakukan.

Setelah kamu berhasil menyimpan backup aplikasi penting yang diperlukan, jika suatu saat nanti aplikasi ini hilang bisa langsung kamu kembalikan melalui menu restore.

Baca Juga: Cara Menonton Film di Netflix Secara Gratis

Berikut ini cara mengembalikan aplikasi yang terhapus setelah kamu membuat backup-nya terlebih dahulu pada aplikasi App backup & Restore.

  • Langkah 1 – Buka aplikasi App Backup & Restore, lalu masuk ke menu Archived.
03 67a7b
  • Langkah 2 – Di sini, akan terlihat aplikasi apa saja yang sudah kamu backup sebelumnya, pilih aplikasi yang ingin kamu kembalikan dengan menceklis bagian sebelah kanan.
04 46c65
  • Langkah 3 – Klik restore untuk mengembalikan aplikasi tersebut ke halaman utama smartphone kamu.
05 4fe87

Cara mengembalikan aplikasi yang hilang ini, mengharuskan kamu melakukan proses backup sebelumnya, jadi rajin-rajinlah melakukan backup aplikasi penting supaya nantinya bisa dikembalikan.

Kesimpulan

Itu dia beberapa cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di smartphone secara sengaja maupun tidak.

Dua cara yang Kami paparkan sebelumnya memiliki karakteristik dan keunggulan mereka masing-masing, tinggal pilih metode mana yang paling cocok dengan keadaan kamu saat ini.

Semoga informasi yang Kami bagikan kali ini berguna untuk kamu semua, dan sampai jumpa lagi di pembahasan-pembahasan selanjutnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed