PHPTutorial

Belajar PHP Bagian 3 : Belajar PHP Dasar Untuk Pemula

Belajar PHP Dasar Untuk Pemula. Sesuai judul pada artikel ketiga dari tutorial belajar php ber-seri di www.darmediatama.com ini kamu akan belajar tentang dasar-dasar dari PHP, dari mulai cara penulisan syntax PHP, kemudian di simpan dengan ekstensi apa, dan bagaimana cara menjalankannya di localhost atau server lokal laptop atau pc.

Bagi kamu yang belum membaca tutorial sebelumnya tentang pengenalan PHP dan cara instalasi web server alangkah lebih baik jika membaca nya terlebih dahulu.

Untuk tahap awal mulai belajar php akan di jelaskan terlebih dahulu tentang cara penulisan syntax php, syntax PHP harus di tuliskan di dalam tag php. syntax php di awali dengan tag pembuka PHP ” “. Dan yang paling penting di setiap akhir baris dari syntax php harus di akhiri dengan semicolon ” ; ” atau titik koma sebagai ciri bahwa baris syntax PHP tersebut sudah selesai.

Untuk langkah selanjutnya kita akan mencoba beberapa syntax dasar php untuk mencoba menjalankan PHP di localhost kamu. silahkan buka text editor kamu dan ketik syntax berikut:

<?php
echo "Halo, selamat belajar di www.darmediatama.com";
?>

Seperti yang di lihat pada syntax di atas. Penulisan syntax PHP harus di buka dengan tag pembuka dan di tutup dengan tag penutup. Dan di akhir baris syntax php harus di akhiri dengan tanda semicolon atau titik koma, ada juga orang yang menulis syntax php dengan “”. Belajar PHP Belajar PHP Dasar Untuk Pemula. Sebenarnya itu adalah contoh penulisan syntax yang salah karena tidak sesuai dengan aturan dasar dari PHP sendiri. Jadi sebaiknya mengikuti cara penulisan tag php secara benar sesuai aturan dasar dari PHP yaitu “ “.

Screenshot 408

Selanjutnya simpan file tersebut dengan menggunakan ekstensi .php(dot php). Di asumsikan untuk pembelajaran dasar kamu boleh menyimpannya dengan nama belajar.php . Simpan ke direktori localhost kamu seperti saat penginstalan. Umumnya banyak orang yang menyimpan atau menginstallnya di C://xampp/htdocs/ bagi kamu yang menggunakan xampp di windows dan di /var/www/ jika kamu yang menggunakan linux. Oleh sebab itu simpan di folder tersebut file index.php yang sudah di buat tadi. Kemudian aktifkan apache kamu seperti yang sudah di jelaskan pada tutorial belajar PHP dasar part 2. dan buka localhost. kemudian ketikkan alamat localhost kamu dan file php yang ingin di eksekusi. misalnya pada contoh ini kamu bisa mengetikkan http://localhost/belajar.php atau boleh juga dengan menggunakan alamat IP localhost http://127.0.0.1/belajar.php. dan hasil nya :

Screenshot 409

Dari contoh di atas dapat di lihat bahwa kita telah berhasil menjalankan file PHP yang kita buat di localhost. sampai di sini dulu tutorial belajar PHP Part 2. akan di lanjutkan dengan pengenalan variabel dan tipe data pada PHP di tutorial belajar PHP part 3 di darmediatama.com

72 / 100