NewsTechTeknologi

Apa Itu Metaverse? Pengaruh Meta Facebook dan Proyek Crypto di Akhir 2021 | PENTING

Darmediatama.com – Apa itu Metaverse, Video Mark Zuckerberg tentang re-branding nama Facebook menjadi Meta sangat berbau dystopian dan faktanya kita seharusnya tidak terkejut rekam jejak Facebook mengenai data dan privasi, jelas tidak bagus. Tapi dunia online sudah terlalu gempar dengan Meta ini.

Screenshot 412
Mark Zuckerberg re-branding Facebook menjadi Meta

Well kami ada beberapa pandangan yang perlu dibagikan dari sisi positif dan negatif tentunya ini sangat penting semoga sobat bersedia membaca sampai akhir karena bisa dibilang menurut seorang pakar makro ekonomi ini adalah salah satu hal terpenting yang kita saksikan selama bertahun-tahun belakangan.

Kita yang sudah fasih crypto blokchain dan tahu pembangunan Web3 serta metaverse akan memegang peran penting. Jadi ayo kita bahas tentang Meta Facebook ini lebih lanjut dan Apa artinya bagi dunia crypto.

Selamat datang kembali di Darmediatama jika sobat baru di sini dan belum tahu kami bukan penasehat keuangan. Kami adalah peneliti dan investor yang punya fashion akan Finance dan crypto informasi yang kami bagikan bukan nasihat keuangan melainkan sekadar informasi edukasi. Jadi saat acara kenek 2021, Mark Zuckerberg memperkenalkan Meta yang menyatukan aplikasi dan teknologi mereka dibawah satu merek perusahaan baru. Fokus Meta adalah menghidupkan Metaverse dan membantu orang terhubung menemukan komunitas dan mengembangkan bisnis.

Apa itu Metaverse?

Apa itu Metaverse?
Metaverse mencampurkan sosial online yang diproyeksikan ke dunia fisik

Metaverse akan terasa seperti campuran dari pengalaman sosial online saat ini kadang diperluas menjadi tiga dimensi atau diproyeksikan ke dunia fisik, ini akan memberikan kita pengalaman mendalam dengan orang lain bahkan waktu kita tidak bisa bersama mereka dan bisa melakukan hal-hal bersama orang yang tidak dapat dilakukan secara dunia fisik. Ini adalah evolusi berikutnya dalam garis panjang teknologi sosial.

Di Konvensi kenek tahunan ini mereka mengeksplorasi pengalaman di Metaverse selama dekade berikutnya, mulai dari koneksi sosial, hingga hiburan, game, kebugaran, pekerjaan, pendidikan dan perdagangan. Mereka juga mengumkan alat baru untuk membantu orang membangun metaverse ini termasuk frozens platform. Beserta suntikan dana investasi 150 juta dollar dalam pembelajaran immersive untuk melatih generasi Creator yang berikutnya.

Struktur perusahaan Meta tidak berubah namun mereka akan mengubah cara pelaporan keuangan. Perdagangan saham mereka juga akan berada di bawah tik terbaru yang sudah dipesan yaitu MVRS pada 1 Desember.  Tapi ya sejauh pengumuman Meta itu cara mereka menggunakan atau membagi kan data pengguna seperti kita akan tetap sama.

Jadi apasih arti kata Metaverse yang sering kami Sebutkan belakangan ini, pada dasarnya ini adalah penggabungan komunitas terbesar di bumi semuanya bergerak ke arah Metaverse. Orang biasanya bingung metaverse itu bukan satu tempat atau satu pengalaman. Ini adalah tentang mulusnya aliran dunia kita perpaduan antara dunia fisik dan dunia digital yang beragam dan unik bagi semua orang. Metaverse itu bukan hanya satu pengalaman Seperti di film Ready Player One tapi metaverse adalah dunia yang dapat beroperasi satu sama lain atau bahasa Inggrisnya intropable.

Sobat atau kami mungkin gak bisa percaya Meta karena rekam jejak Facebook yang memang parah. Tapi di dunia metaverse yang baru ini kita bisa membawa barang-barang kita dan kita bisa pergi ke sebuah masyarakat digital yang memperlakukan kita lebih baik seperti yang kita inginkan. Samalah seperti internet sekarang kita bisa memilih bergabung ke komunitas mana tapi dengan webtri dan metaverse kita dapat Khan kan semua nilai pribadi.

Mungkin akan ada Oligopoli pada pengalaman metaverse terbesar seperti yang ada di game dan media sosial sekarang, tapi kan kita bebas untuk bergerak. Beberapa dari masyarakat tersebut akan memeras terlalu banyak penjualan data privat dan membatasi hak kebebasan tapi kan kita juga bebas bisa pindah ke metaverse yang lainnya.

Apple sedang membangun AR dengan kecepatan yang menakjubkan dan akan bertindak sebagai perantara antara metaverse secara fisik dan virtual penuh. Sobat Mungkin juga tidak percaya Apple, tapi yaitu tidak apa-apa metaverse bukan merupakan satu dunia tunggal sekali lagi ini seperti negara berdaulat yang digital. Tapi tidak akan ada batasan negara fisik ada terlalu banyak orang yang membangun pengalaman lain yang akan membentuk bagian dari metaverse yang mungkin lebih baik tidak monopolis dan tidak korporatis.

DAO atau Organisasi Otonom Decentral

Sobat bisa pilih apa yang cocok untuk sobat, DAO atau organisasi otonom decentral. Hai ini akan menciptakan peluang untuk pemerintahan yang egaliter. Pengalaman metaverse lain mungkin akan bersifat otokratis yaitu tidak apa-apa kita punya banyak pilihan pilihan yang lebih mudah dari pada memilih hidungnya fisik dan semua ini dimungkinkan karena kata kunci yang digunakan Mark Zuckerberg di video Meta interoperabilitas. Barang fisik dan Partisipasi kita dalam masyarakat digital akan menjadi crypto NFT dan token sosial, semuanya akan berjalan di Blockchain.

Screenshot 419 1
Meta Facebook

Tapi jangan salah paham Meta Facebook Ini adalah cara untuk membawa miliaran orang ke dunia teknologi Ledger terdistribusi ini. Kita mungkin tidak suka model mereka kita mungkin tidak memihak model mereka yang merampas privasi. Tapi saat ini terlalu awal untuk kita bicarakan gimanapun juga inilah yang dinamakan adopsi. Seperti inilah faktanya kalau tentang adopsi mungkin bukan melalui cara yang kita idamkan atau inginkan tapi memang seperti itu kenyataannya. Meta punya uang dan sumberdaya besar sekali lagi kita masih punya pilihan untuk berpartisipasi atau tidak, beda dengan dunia fisik pendapat sobat tentang Meta hanyalah soal dimana sobat bergaul. Orang lain akan memilih untuk pakai Meta dan yaitu pilihan mereka sobat Mungkin tidak suka faktanya Ia memang sulit. Orang yang belum paham crypto dan blokchain sudah kenal Facebook Jadi mereka tidak skeptis sama Meta kita yang ada di sini lebih paham masa depan yang baik itu seperti apa.

Sobat punya pilihan untuk membangun atau berpartisipasi dalam serangkaian pengalaman metaverse yang berbeda. Misalnya mungkin epicgames itu cocok buat sobat atau mungkin tempat lainnya lebih cocok. Ada beberapa proyek hebat di crypto yang membangun metaverse yang kami bisa bagikan ke sobat seperti ada desain box, ada decentraland, ada cryptovpxels atau ada while the world atau apapun selera sobat yang lain masih ada banyak. Tapi intinya semua ini tidak bisa ada tanpa crypto dan blokchain tanpa itu metaverse hanya suatu permainan tertutup.

Nilai Crypto

Kalau masih ada orang yang berpikir crypto tidak punya nilai, Mereka salah crypto adalah keseluruhan blok pembangun masyarakat yang baru ini. Kalau sobat pikir NFT tidak punya nilai, sobat salah. Kalau sobat pikir token sosial tidak punya nilai, sobat juga salah. mereka semua ini adalah uang untuk masyarakat virtual ini.

Jangan terlalu sinis dan sadari bahwa hari ini dunia itu bergeser pada porosnya. Metaverse adalah lapisan yang benar-benar baru dan punya Kemungkinan tidak terbatas. Metaverse manapunlah yang sobat pilih tidak ada hanya satu metalforce sama seperti tidak ada hanya satu komunitas satu masyarakat atau satu negara ada banyak. Ini adalah suatu hal yang benar-benar eksponensial ini adalah masa depan segalanya tapi sobat bisa memilih masa depan dan komunitas yang paling selaras dengan sobat. Ini adalah gebrakan revolusi pengubah dunia jangan terlalu sinis dan tidak percaya dengan perkembangan teknologi sadari dan lihat perubahannya.

Peran Manusia bagi Metaverse

Lalu apa peran kita dalam pembangunan metaverse? sangat mudah bagi kita untuk komplain tentang dunia sekarang yang selalu kita bayangkan tuh bisa jadi lebih baik tapi enggak pernah kita ambil tindakan. Bicara teori itu gampang tapi kalau kita enggak menginjakkan kaki dan kita tidak mengambil peran dalam permainan desentralisasi ini. Ya Sama aja seperti kita hanya pakai kata desentral itu cuma untuk marketing saja.

Antoine De St Exupery sempat berkata:

“Kalau ingin membangun kapal Jangan Paksa orang untuk mengumpulkan kayu membagi tugas dan memberi perintah, sebaliknya ajari mereka untuk merindukan laut yang sangat luas dan bebas yang tidak berujung.” Antoine De St Exupery

Pandangan beberapa orang mungkin merasa metaverse itu awalnya akan jadi sangat terpusat, karena memang faktanya raksasa teknologi punya banyak uang, orang berbakat, jangkauan luas dan menariknya mereka juga didukung penuh oleh negara bagian dan bangsa-bangsa untuk memaksa lebih banyak kontrol daripada mengurangi kontrol.

Mereka memang faktanya punya uang dan kuasa, kita Komunitas crypto dan blokchain yang decentral itu punya otak dan komunitas. Dan mungkin ini aja udah cukup bagi kita, karya yang sedang kita kerjakan untuk membangun prinsip Waptri yang berfokus pada pengguna, fokus pada desentralisasi dan fokus pada kedaulatan dan kebebasan akan menjadi penentu bedanya metaverse yang terbuka dan metaverse yang tertutup.

Ini yang ingin kami sampaikan, intinya adalah kita Seharusnya jangan hanya nunggu dan nonton masa depan metaverse terbuka. Sudah dikerjakan sejak lama oleh komunitas crypto. Mark Zuckerberg Itu bukan pencetusnya, dan terserah kepada kita apa kita mau berpartisipasi dan menciptakan dunia yang lebih positif. Misalnya aja kalo Meta Facebook itu menang, yang terjadi malah kita terjebak dalam dunia metaverse tertutup. Seperti di film “Ready Player One” dimana cuman dikontrol oleh hanya satu atau segelintir perusahaan terpusat.

Crypto Merupakan Pondasi Dasar

Crypto adalah fondasi dasar bagi sistem finansial dunia yang berdaulat sendiri. Suatu ekonomi Creator yang terbuka dan perlambang kepemilikan digital secara universal melalui NFT. Metaverse sudah dan akan datang, trennya menjadi tanda arah tujuan dunia kita selanjutnya. Ada opsi bagi kita untuk eksis hampir secara eksklusif di dunia online dan berpartisipasi dalam sebuah ekonomi virtual dengan dampak sosial nyata.

Jaringan yang decentral menyediakan sejumlah kepastian yang unik dan tidak tertandingi. Daripada kita harus percaya pada institusi tunggal yang terpusat dan membatasi kebebasan kita. NFT akan memungkinkan standar yang universal atas kepemilikan aset bagi hal-hal apapun yang ada di dunia mulai dari yang digital seperti aset game, karya seni, atau bahkan dunia fisik seperti properti, dan banyak lagi.

Kesuksesan awal Metaverse ini akan mendorong FOMO dari orang-orang yang panik memahami teknologi baru karena Awalnya mereka skeptis jadi ketinggalan zaman. Jaringan decentral yang sudah besar di-crypto beserta sifatnya yang terbuka dan tanpa izin akan mendorong inovasi luar biasa pesat selama tiap Creator saling bahu-membahu membangun.

Jadi kalau sobat sudah mindset investasinya jangka panjang sobat sudah berinvestasi awal memegang sebagian besar aset dari dunia yang baru ini. Kita yang percaya akan menghasilkan keuntungan finansial hebat dan banyak orang yang berhasil ini dan sukses mungkin berasal dari pasar berkembang seperti salah satunya kita di negara Indonesia yang Sigap mengambil kesempatan yang ada sekarang.

Selain kekayaan juga para pengadopsi awal akan dijamin manfaat lebih sebagai Pelopor dari berbagai model dan teknologi bisnis yang baru, keterampilan dan pengetahuan kita akan menjadi senjata yang signifikan sama seperti meningkatnya orang berbakat yang sedang dibutuhkan begitu pula crypto diseluruh games dan kreator metaverse akan meningkat pula. Di masa depan nanti waktu kita nostalgia akan jadi jelas bahwa peran crypto dalam Metaverse adalah hal yang terpenting namun paling diragukan oleh orang saat kelahirannya.

Kami paham kalau banyak orang itu tidak optimis tentang visi Meta Facebook yang paham pasti tahu mereka akan menciptakan Taman Digital dengan batas tembok tinggi yang menguntungkan perusahaan serta Mitra keluarganya untuk bisa memonetisasi data private kita. Meta bahkan sampai berkomitmen dengan tujuan ini, sampai perusahaannya mengumkan rencana untuk mempekerjakan 10.000 orang hanya di Uni Eropa saja. Tapi sisi positifnya kalau kita mau optimis, Meta akan sangat Mempercepat tingkat perkembangan metaverse.

Selain itu karyawan yang nanti bekerja untuk Meta, siapa tahu akan masuk ke dalam dunia crypto memercikkan potensi aliran orang yang berbakat dan paham yang punya visi desentralisasi dengan metaverse yang lebih terbuka. Dan bahkan lebih penting lagi jaringan crypto seperti Bitcoin dan terutama yang sedang mendominasi Ethereum. Itu dengan pesat akan mendekati suatu level dimana mereka bisa bersaing dengan raksasa teknologi yang sudah ada. Inilah Kenapa kami dari Darmediatama selalu mengutamakan mindset jangka panjang untuk ekosistem yang memang decentral dan memang berfundamental baik.

Kesimpulan

Semoga sekarang sobat paham akhirnya dengan visi yang lebih penting Tiga ada waktu untuk kita habiskan mengkawatirkan koin atau token micin yang tidak jelas yang hanya untuk berjudi jangka pendek. Jadi sekian kiranya yang bisa kami bagikan hari ini tentang Meta Facebook, pandangan kami tentang masa depan Metaverse, dan semoga dengan ini sobat paham kenapa proyek yang sedang kami kerjakan dibalik layar seperti. DMT FUEL dan Chain Urus, itu sangat penting untuk kita.

Kalau sobat bingung aksi dan tindakan apa yang bisa sobat ambil sekarang untuk mulai berperan dalam pembangunan metaverse bergabunglah bersama kami di DMT FUEL dan bergabunglah bersama kami di Chain Urus. Semua ini akan kami sediakan untuk anda semua dan Mari kita bersama-sama membantu masyarakat dan komunitas Indonesia untuk paham bahwa ini adalah revolusi penting saatnya kita untuk bangkit membangun masa depan dunia yang lebih baik untuk anak kita cucu kita dan generasi yang selanjutnya.

Terimakasih sudah membaca sampai akhir dan terimakasih untuk dukungan Setia sobat dari awal sejak DMT Network lahir sampai jumpa lagi di artikel berikutnya. Salam 😊

91 / 100

Posting terkait
NewsTechTeknologi

Apa Itu WEB 3.0? Mampukah Menggantikan Facebook, YouTube, Twitter, Instagram dan Google? PENTING

Download NOW DARMEDIATAMA – Apa itu WEB 3.0? Hai, apa kalian baru-baru ini mempertimbangkan…
Baca lebih banyak
AndroidGadgetNews

Daftar Smartphone yang Mendapat Update Versi Stabil Android 12

Download NOW Darmediatama.com – Google berhasil merilis versi stabil dari Android 12 generasi…
Baca lebih banyak
NasionalNewsTeknologi

Harga Taksi Terbang EHang 216, Minat?

Download NOW DARMEDIATAMA – Harga Taksi terbang EHang 216 sudah mendarat di Indonesia. Saat…
Baca lebih banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.