oleh

Ada Enam Stadion Piala Dunia U-20 2021 Indonesia Pilihan PSSI?

Darmediatama, Bola – Terjadi perubahan dalam daftar stadion yang beredar beberapa waktu lalu. Stadion Mandala Krida, Yogyakarta dan Stadion Pakansari, Cibinong, tidak masuk di surat PSSI yang dikirimkan ke KemenPUPR.

PSSI telah menetapkan enam stadion untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 2021. Federasi sepakbola nasional tersebut bahkan sudah menyurati Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), agar bisa melakukan perbaikan di tempat tersebut.

Kedua stadion tersebut digantikan Stadion Jakabaring, Palembang, serta Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. Sebelumnya, dua tempat tersebut hanya dijadikan pilihan cadangan.

PSSI meminta KemenPUPR untuk secepatnya melakukan renovasi keenam stadion tersebut.

“Suratnya sudah masuk ke Kementerian PUPR ya, ada enam [stadion] di sana. Yang terpilih Jakabaring Palembang, Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Si Jalak Harupat Bandung, Manahan Solo, Gelora Bung Tomo Surabaya, dan I Wayan Dipta Gianyar Bali,” kata ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan.

“Jadi hampir semua provinsi terwakili, Jakabaring karena memang sudah pernah melakukan ajang besar di sana dan mewakili Pulau Sumatera yang salah satu bagian NKRI [Negara Kesatuan Republik Indonesia] kita ya,” Iriawan menambahkan.

Enam Stadion Piala Dunia U-20 2021 Indonesia Pilihan PSSI
Foto udara komplek olahraga Jakabaring Sport City (JSC) di Palembang, Sumatra Selatan, Kamis (12/4). Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyatakan delapan arena yang ada di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang sudah rampung dan siap digunakan untuk perhelatan Asian Games 2018. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/kye/18

Kendati begitu, Iriawan tidak menjelaskan keenam stadion tersebut sudah disetujui FIFA atau belum. Hal itu karena sampai sekarang induk sepakbola dunia tersebut belum bisa mengunjungi Tanah Air, untuk finalisasi stadion akibat pandemi virus corona.

Iriawan berharap KemenPUPR dapat segera melakukan perbaikan untuk keenam stadion tersebut. Mengingat perhelatan Piala Dunia U-20, tak sampai satu tahun lagi dilangsungkan di Indonesia.

“Jadi tinggal nanti pihak KemenPUPR untuk segera revitalisasi stadion-stadion yang belum siap. Tapi yang stadion utama [GBK] cukup mendekati final,” ucap pria yang karib disapa Iwan Bule tersebut.

“Apalagi GBK tinggal sedikit-sedikit mungkin, hampir single seat semua sudah ada. Hanya mungkin stadion tambahan yang lima bagi latihan, itu yang akan segera ditindaklanjuti. Mudah-mudahan tidak terlalu lama pemerintah dan PUPR untuk bisa membangun itu, waktu makin mendesak dan sekarang sudah bulan Juni.”

“Februari atau Maret [2021] sudah harus selesai karena Mei sudah digunakan, dua bulan sebelum kegiatan Piala Dunia U-20 harus sudah selesai stadion itu,” ia menambahkan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed